Anggota Kongres AS Ilhan Omar. Foto: AFP
Anggota Kongres AS Ilhan Omar. Foto: AFP

Anggota Kongres AS Bandingkan Negaranya dengan Israel dan Taliban

Internasional Amerika Serikat Taliban hamas
Fajar Nugraha • 11 Juni 2021 10:21
Washington: Anggota Kongres Amerika Serikat (AS) Ilhan Omar menghadapi kecaman luas termasuk dari kepemimpinan Partai Demokrat, setelah anggota parlemen Muslim itu menuduh Amerika Serikat dan Israel melakukan kekejaman yang tak terpikirkan. Omar bahkan membandingkan dengan Hamas dan Taliban.
 
Omar, yang pada 2016 menjadi salah satu dari dua wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres AS, telah memusuhi anggota partainya di masa lalu dengan komentar yang dikecam sebagai anti-Semit atau anti-Israel.
 
Tetapi para tokoh Republik dan Demokrat sama-sama memanfaatkan kritiknya baru-baru ini terhadap Amerika Serikat untuk menuntut dia mengklarifikasi pernyataannya. Mereka menyerukan hukuman langsung termasuk dilucuti dari tugas komite Dewan Perwakilan Rakyatnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 12 anggota DPR Partai Demokrat yang merupakan Yahudi, mengeluarkan surat ketidaksetujuan publik terhadap anggota partai mereka sendiri. Mereka menulis bahwa "menyamakan Amerika Serikat dan Israel untuk Hamas dan Taliban adalah ofensif dan salah arah."
 
"Amerika Serikat dan Israel tidak sempurna dan, seperti semua negara demokrasi, kadang-kadang layak dikritik. Tetapi kesetaraan palsu memberi perlindungan kepada kelompok teroris," tulis kelompok itu, yang dipimpin oleh Brad Schneider dari Illinois, seperti dikutip AFP, Jumat 11 Juni 2021.
 
"Kami mendesak anggota Kongres Omar untuk mengklarifikasi kata-katanya,” tegas pernyataan mereka.
 
Pada sidang DPR pada Senin, Omar -,yang lahir di Somalia dan berimigrasi ke Amerika Serikat sebagai pengungsi pada pertengahan 1990-an,- mengecam Menteri Luar Negeri Antony Blinken atas pertanggungjawaban atas korban kejahatan terhadap kemanusiaan.
 
Dia kemudian menindaklanjuti dengan tweet yang berbunyi: "Kami telah melihat kekejaman yang tidak terpikirkan yang dilakukan oleh AS, Hamas, Israel, Afghanistan, dan Taliban."
 
Halaman Selanjutnya
Di tengah badai api, enam…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif