Ketua DPR AS Nancy Pelosi. (AFP/JIJI)
Ketua DPR AS Nancy Pelosi. (AFP/JIJI)

Proses Pemakzulan Kedua Donald Trump Resmi Dimulai

Internasional amerika serikat joe biden donald trump Pemakzulan Trump Mike Pence Pendukung Trump Rusuh
Willy Haryono • 12 Januari 2021 04:54
Washington: Partai Demokrat Amerika Serikat di Dewan Perwakilan Rakyat resmi memulai proses pemakzulan Presiden Donald Trump untuk kali kedua pada Senin, 11 Januari 2021. Upaya pemakzulan dilakukan atas peran Trump dalam penyerbuan sekelompok massa pendukungnya ke Gedung Capitol pada 6 Januari lalu.
 
Menuduh Trump telah "menghasut huru-hara," Demokrat menghadirkan sebuah resolusi yang menyerukan Wakil Presiden Mike Pence dan anggota kabinet menyingkirkan presiden dengan menggunakan Amandemen ke-25.
 
Jajaran politisi Partai Republik di DPR AS langsung memblokade resolusi tersebut, dan Demokrat pun merespons dengan menghadirkan sebuah artikel pemakzulan. Nantinya pemungutan suara mengenai artikel ini dijadwalkan berlangsung di DPR AS pada Rabu mendatang, jika Pence tak kunjung menggunakan Amandemen ke-25.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Massa pro-Trump Ancam Gantung Mike Pence di Capitol
 
Ketua DPR Nancy Pelosi mengecam jajaran Republik yang memblokade resolusi. Ia menuduh mereka seolah membiarkan perilaku "tidak stabil Trump berlanjut."
 
"Langkah mereka membahayakan Amerika, mengikis Demokrasi kita, dan itu harus segera diakhiri," tutur Pelosi, dikutip dari laman RFI.
 
Pelosi mengatakan DPR akan melakukan pemungutan suara mengenai desakan kepada Pence mengenai Amandemen ke-25 pada Selasa ini, dan akan memberikannya waktu 24 jam untuk merespons.
 
Menurut pemimpin mayoritas Demokrat Steny Hoyer, DPR kemungkinan akan melakukan pemungutan suara artikel pemakzulan paling cepat Rabu ini.
 
 
Halaman Selanjutnya
Pemakzulan Kedua Trump sudah…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif