Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping perlihatkan persaingan ketat kedua negara. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping perlihatkan persaingan ketat kedua negara. Foto: AFP

Pandemi Pertajam ‘Pertempuran’ AS dan Tiongkok di PBB

Internasional as-tiongkok covid-19 Sidang Majelis Umum PBB 2020
Fajar Nugraha • 16 September 2020 15:18

 
Tiongkok yang lebih tegas telah mengajukan lebih banyak kandidat untuk posisi senior PBB dan mendorong bahasa yang terkait dengan ideologi Partai Komunis Tiongkok dimasukkan dalam resolusi PBB.


Permainan tak berhenti

Dalam deklarasi untuk memperingati 75 tahun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) -,yang disetujui oleh Sidang Umum pada Juli dan akan diadopsi oleh para pemimpin dunia pada Senin 21 September,- Amerika Serikat, Inggris, Jepang, India, Kanada dan Australia keberatan dengan frase "visi kami untuk masa depan bersama,”. “Negara-negara itu mengatakan bahwa frase tersebut adalah retorika Xi,” kata para diplomat.
 
Amerika Serikat mengumumkan pada Januari bahwa mereka telah menugaskan seorang pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri untuk melawan ‘pengaruh jahat’ Tiongkok dan lainnya di Perserikatan Bangsa-Bangsa. Duta Besar AS untuk PBB Kelly Craft mengatakan pekan lalu bahwa prioritasnya adalah membuat lebih banyak orang Amerika atau orang-orang dari negara-negara yang berpikiran sama bekerja dalam sistem PBB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan kepala urusan politik PBB Jeffrey Feltman, yang mengundurkan diri pada 2018 mengatakan, Washington sekarang perlu bersaing untuk mendapatkan pengaruh "daripada menganggap meraih penghormatan otomatis dari PBB."
 
"PBB dapat dikategorikan sebagai 'kandang' bagi Amerika Serikat, tetapi berjalan di luar lapangan akan memfasilitasi Tiongkok untuk mengisi kekosongan," tulis Feltman untuk Brookings Institution.
 
"Permainan tidak berhenti saat kita keluar dari lapangan,” ucap Feltman.
 
Pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ke-75 berlangsung dimulai pada 15 September 2020. Sementara general debate akan berlangsung antara 22-29 September 2020 dan dapat dipastikan isu pandemi covid-19 menghiasi sidang tahun ini.
 
(FJR)
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif