Armin Laschet menantang Olaf Schof
Armin Laschet menantang Olaf Schof

Jerman Menuju Ketidakpastian Siapa yang Akan Memimpin Negara

Internasional politik jerman Angela Merkel Pemilu Jerman Olaf Scholz Armin Laschet
Fajar Nugraha • 27 September 2021 13:39
Berlin: Jerman menuju ke tempat yang tidak diketahui saat para pesaing berebut untuk memimpin pemerintahan berikutnya. Ini terjadi setelah pemilu menghasilkan kemenangan tipis Social Democrats (SPD) dari pihak CDU/CSU yang berkaitan erat dengan Kanselir Jerman Angela Merkel.
 
Setelah 16 tahun berkuasa sebagai kanselir, Merkel memutuskan untuk mundur. CDU/CSU pun bersaing ketat dengan SPD dan menderita kekalahan tipis.
 
Menurut angka di situs web komisi pemilihan,  SPD yang berhaluan kiri-tengah telah memenangkan bagian suara terbesar dengan 25,7 persen. Sementara CDU/CSU mengejar tipis dengan mengumpulkan 24,1 persen. Ini merupakan penampilan buruk CDU/CSU dalam pemilu dalam tujuh dekade.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Identik dengan Angela Merkel, Partai CDU/CSU Kalah di Pemilu Jerman.
 
Sementara Partai Hijau berada di peringkat ketiga dengan 14,8 persen suara. Pengumuman resmi dari komisi pemilihan umum Jerman pun akan segera dilakukan.
 
Kemenangan SPD membuat pemimpinnya Olaf Schoz berpeluang besar menjadi kanselir. Namun CSD/CSU yang mengusung Armin Laschet juga tidak akan tinggal diam.
 
Kedua nama itu akan membentuk koalisi yang bisa membentuk pemerintahan secara mutlak. Namun perjalanan menuju pembentukan koalisi tersebut diperkirakan akan berjalan lama.
 
Jerman Menuju Ketidakpastian Siapa yang Akan Memimpin Negara
Olaf Schoz sama-sama beerpeluangan sebagai Kanseli Jerman dengan Armin Laschet. Foto: AFP
 
Untuk negara yang terbiasa dengan stabilitas politik setelah 16 tahun kepemimpinan Merkel yang mantap, beberapa minggu dan bulan mendatang menjanjikan perjalanan yang sulit.
 
Sekutu Barat mengawasi dengan cermat, menyadari bahwa kesibukan domestik dapat menumpulkan peran Jerman di panggung internasional dan menciptakan kekosongan kepemimpinan di Eropa.
 
Halaman Selanjutnya
Baik Laschet yang berusia 60…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif