Olaf Scholz pimpin SPD memenangkan pemilu Jerman. Foto: AFP
Olaf Scholz pimpin SPD memenangkan pemilu Jerman. Foto: AFP

Identik dengan Angela Merkel, Partai CDU/CSU Kalah di Pemilu Jerman

Internasional politik jerman jerman Angela Merkel Pemilu Jerman Olaf Scholz
Juven Martua Sitompul • 27 September 2021 08:01
Berlin: Partai Social Democrats (SPD) memimpin dalam pemilihan umum di Jerman. Meskipun menang, SPD hanya menang dengan angka selisih tipis dari blok konservatif CDU/CSU.
 
CDU/CSU merupakan partai yang telah menancapkan kekuasaannya di Jerman selama 16 tahun dengan tokoh sentral, Angela Merkel. CDU/CSU mengusung Armin Laschet untuk menggantikan Merkel yang memutuskan mundur sebagai Kanselir Jerman.
 
SPD yang berideologi kiri-tengah, memimpin dengan 25,5 persen suara. Sementara CDU/CSU berada di peringkat dua dengan kekalahan tipis 24,5 persen. Tetapi kedua kelompok yakin mereka dapat memimpin pemerintahan berikutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasil ketat, yang membuat CDU/CSU merosot ke posisi terendah pascaperang untuk pemilihan federal, berarti pembicaraan koalisi yang panjang akan menyusul sebelum pemerintahan baru menjabat. Kemungkinan koalisi akan dibentuk melibatkan Partai Hijau dan Demokrat Bebas liberal (FDP).
 
"Ini akan menjadi malam pemilihan yang panjang, itu pasti," kata kandidat kanselir dari SPD, Olaf Scholz, kepada para pendukungnya yang gembira, seperti dikutip AFP, Senin 27 September 2021.
 
"Tapi juga pasti banyak yang menyindir SPD karena ingin kanselir Jerman berikutnya bernama Olaf Scholz," tambahnya.
 
Baca: Setelah 16 Tahun, Jerman Akan Ditinggal Kanselir Angela Merkel.
 
Scholz, 63, akan menjadi kanselir SPD keempat pascaperang setelah Willy Brandt, Helmut Schmidt dan Gerhard Schroeder. Scholz merupakan Menteri Keuangan dalam "koalisi besar" bentukan Merkel. Dia adalah mantan walikota Hamburg, tempat Merkel dan Schmidt sama-sama dilahirkan.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif