Salman Rushdie ditusuk oleh Hadi Matar di New York, Amerika Serikat. Foto: AFP
Salman Rushdie ditusuk oleh Hadi Matar di New York, Amerika Serikat. Foto: AFP

Siapa Hadi Matar, Pemuda Pelaku Penikaman ke Salman Rushdie

Fajar Nugraha • 16 Agustus 2022 07:08
New York: Serangan yang ditargetkan, tidak diprovokasi, dan direncanakan sebelumnya terhadap Salman Rushdie menunjuk kepada satu nama pelaku, Hadi Matar. Pemuda 24 tahun itu tengah diselidiki atas tuduhan melakukan penyerangan terhadap Rushdie.
 
Tersangka penyerang Sir Salman Rushdie telah membantah percobaan pembunuhan dan penyerangan dalam apa yang disebut jaksa sebagai kejahatan "pra-rencana".
 
Hadi Matar diidentifikasi oleh polisi New York, Amerika Serikat setelah serangan pada Jumat. Dia muncul di pengadilan di negara bagian New York pada Sabtu mengenakan seragam penjara dan masker wajah sebelum mengajukan pembelaannya tidak bersalah.
 
Baca: Iran Salahkan Salman Rushdie dan Pendukungnya atas Penikaman di New York.

Seorang hakim memerintahkan dia untuk ditahan tanpa jaminan setelah jaksa wilayah Jason Schmidt mengatakan Matar mengambil langkah dengan sengaja menempatkan dirinya dalam posisi untuk menyakiti Sir Salman Rushdie.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah serangan yang ditargetkan, tidak diprovokasi, dan direncanakan sebelumnya terhadap Rushdie," kata Schmidt, seperti dikutip Sky News, Selasa 16 Agustus 2022.
 
Polisi belum menetapkan motif penusukan yang menyebabkan penulis berusia 75 tahun itu terluka parah. Siapakah sebenarnya Hadi Matar?
 
Inilah yang kami ketahui tentang tersangka sejauh ini:

1. Lahir di AS

Matar berasal dari Fairview, New Jersey, dan telah membeli tiket untuk acara di Chautauqua Institution. Saksi mata, Kathleen Jones mengatakan penyerang itu berpakaian hitam, dengan topeng hitam.
 
Halaman Selanjutnya
Matar lahir di Amerika Serikat…
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif