Foto udara memperlihatkan kota Mariupol, Ukraina, 12 April 2022. Foto: AFP
Foto udara memperlihatkan kota Mariupol, Ukraina, 12 April 2022. Foto: AFP

Populer Internasional: Ukraina Ingin PBB Jadi Penjamin hingga Permintaan Presiden Tiongkok ke Macron

Internasional ukraina pbb indonesia-belanda Emmanuel Macron Xi Jinping Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Internasional KBRI Den Haag Perang Rusia-Ukraina
Fajar Nugraha • 26 April 2022 14:14
Kiev: Ukraina membantah telah mencapai kesepakatan dengan Rusia untuk mengevakuasi warga sipil dari pabrik baja Azovstal di kota Mariupol. Bantahan disampaikan usai Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan gencatan senjata di sekitar pabrik tersebut pada Senin 25 April 2022.
 
Permintaan Ukraina kepada PBB ini menjadi berita terpopuler Internasional Medcom yang diikuti dengan lokakarya tenun Sumba di kota Best Belanda angkat peran emansipasi wanita.
 
Kemudian ditambah lagi dengan Presiden Tiongkok minta Macron tetap di jalur strategis independen. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

1. Ukraina Ingin PBB Jadi Penjamin Koridor Kemanusiaan di Pabrik Mariupol

Ukraina membantah telah mencapai kesepakatan dengan Rusia untuk mengevakuasi warga sipil dari pabrik baja Azovstal di kota Mariupol. Bantahan disampaikan usai Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan gencatan senjata di sekitar pabrik tersebut pada hari Senin ini, 25 April 2022.
 
Alih-alih menyepakati gencatan senjata, Ukraina meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menjadi "inisiator dan penjamin" kesepakatan semacam itu.
 
"Hari ini, kubu Rusia sekali lagi mengumumkan koridor bagi warga sipil untuk meninggalkan Azovstal. Pengumuman ini bisa saja dipercaya jika Rusia tidak berulang kali menghancurkan sejumlah koridor kemanusiaan sebelumnya," kata Deputi Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk via aplikasi Telegram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vereshchuk menegaskan koridor kemanusiaan tidak bisa diterapkan secara sepihak, melainkan harus disetujui Rusia dan Ukraina. Koridor kemanusiaan sepihak, ungkap Vereshchuk, tidak dapat memberikan jaminan keamanan.
 
Seperti apa bentuk jaminan yang diminta? Simak tautan ini.

2. Lokakarya Tenun Sumba di Kota Best Belanda Angkat Peran Emansipasi Wanita

Berkolaborasi dengan KBRI Den Haag, Stichting Hibiscus menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka "Bulan Budaya Indonesia" yang diadakan setiap tahun di Kota Best, Belanda. Salah satu kegiatan tersebut adalah "Workshop Tenun Sumba" di De Bibliotheek Best pada 21 April 2022, bertepatan dengan Hari Kartini.
 
Halaman Selanjutnya
  Betty T. Sari, pemerhati…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif