Foto udara memperlihatkan kota Mariupol, Ukraina, 12 April 2022. (AFP)
Foto udara memperlihatkan kota Mariupol, Ukraina, 12 April 2022. (AFP)

Ukraina Ingin PBB Jadi Penjamin Koridor Kemanusiaan di Pabrik Mariupol

Internasional ukraina pbb rusia Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Willy Haryono • 25 April 2022 21:04
Kiev: Ukraina membantah telah mencapai kesepakatan dengan Rusia untuk mengevakuasi warga sipil dari pabrik baja Azovstal di kota Mariupol. Bantahan disampaikan usai Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan gencatan senjata di sekitar pabrik tersebut pada hari Senin ini, 25 April 2022.
 
Alih-alih menyepakati gencatan senjata, Ukraina meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menjadi "inisiator dan penjamin" kesepakatan semacam itu.
 
"Hari ini, kubu Rusia sekali lagi mengumumkan koridor bagi warga sipil untuk meninggalkan Azovstal. Pengumuman ini bisa saja dipercaya jika Rusia tidak berulang kali menghancurkan sejumlah koridor kemanusiaan sebelumnya," kata Deputi Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk via aplikasi Telegram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sayangnya, tidak ada kesepakatan semacam itu," lanjut dia, dikutip dari The New Arab.
 
Vereshchuk menegaskan koridor kemanusiaan tidak bisa diterapkan secara sepihak, melainkan harus disetujui Rusia dan Ukraina. Koridor kemanusiaan sepihak, ungkap Vereshchuk, tidak dapat memberikan jaminan keamanan.
 
Ia mengatakan bahwa pemerintah Ukraina sudah "meminta Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres untuk menjadi inisiator dan penjamin koridor kemanusiaan bagi warga sipil di Azovstal."
 
"Perwakilan PBB dan Komite Palang Merah Internasional harus ada di lapangan saat koridor kemanusiaan dibentuk," tegas Vereshchuk.
 
Sebelumnya, Kemenhan Rusia mengaku akan secara sepihak menghentikan segala aktivitats bermusuhan, menarik unit militer ke jarak aman, dan memastikan berlangsungnya evakuasi warga sipil mulai hari Senin ini pukul 14.00 waktu Moskow.
 
Pihak kementerian mengeklaim bahwa warga Mariupol yang dievakuasi diperbolehkan pergi ke "arah mana pun yang mereka mau."
 
Baca: Rusia Umumkan Gencatan Senjata di Sekitar Pabrik Baja Azovstal Mariupol

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif