Pasukan Rusia berpatroli di jalanan kota Mariupol, Ukraina, 12 April 2022. (Alexander NEMENOV / AFP)
Pasukan Rusia berpatroli di jalanan kota Mariupol, Ukraina, 12 April 2022. (Alexander NEMENOV / AFP)

Rusia Umumkan Gencatan Senjata di Sekitar Pabrik Baja Azovstal Mariupol

Internasional rusia Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Willy Haryono • 25 April 2022 20:21
Mariupol: Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan gencatan senjata di sekitar pabrik baja Azovstal di kota Mariupol, Ukraina, Senin, 25 April 2022. Gencatan senjata diumumkan agar warga sipil dapat mengungsi dengan aman dari kawasan industri tersebut.
 
Pabrik baja Azovstal adalah satu-satunya tempat bertahan sekelompok kecil prajurit Ukraina di Mariupol, kota yang terus digempur Rusia sejak awal invasi pada 24 Februari.
 
"Mulai pukul 14.00 waktu Moskow, pasukan Rusia akan secara sepihak menghentikan segala aktivitats bermusuhan, menarik unit militer ke jarak aman, dan memastikan berlangsungnya evakuasi warga sipil," ujar Kemenhan Rusia, dikutip dari Al Arabiya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak kementerian mengeklaim bahwa warga Mariupol yang dievakuasi diperbolehkan pergi ke "arah mana pun yang mereka mau."
 
Kemenhan Rusia meminta Ukraina untuk memperlihatkan "kesediaan" untuk memulai evakuasi kemanusiaan "dengan mengibarkan bendera putih" di Azovstal.
 
Moskow mengatakan informasi terbaru ini akan dikomunikasikan kepada prajurit Ukraina di dalam Azovstal setiap 30 menit sekali via saluran radio.
 
Pekan kemarin, Rusia mengeklaim telah menguasai penuh kota Mariupol, kecuali kawasan industri pabrik baja Azovstal.
 
Presiden Rusia Vladimir Putin telah memerintahkan pemblokadean akses dari dan menuju pabrik tersebut, di mana ratusan warga sipil dikabarkan tengah berlindung bersama sekelompok prajurit Ukraina.
 
Baca:  Kuburan Massal Jenazah Warga Ukraina Ditemukan di Mariupol
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif