Protes warga menentang isu diskriminasi etnis Uighur oleh Tiongkok. (Foto: Kumara Anggita/Medcom.id).
Protes warga menentang isu diskriminasi etnis Uighur oleh Tiongkok. (Foto: Kumara Anggita/Medcom.id).

Pedemo Simpati Uighur Minta Dubes Tiongkok Diusir

Internasional indonesia-tiongkok uighur
Kumara Anggita • 21 Desember 2018 17:34
Jakarta: Membela kaum Uighur di Xinjiang, demonstran mendesak pihak Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta untuk menjelaskan terkait kabar adanya penahanan jutaan etnis Uighur.
 
Baca juga: Protes Kondisi Uighur, Kedubes Tiongkok Didemo.
 
Mereka meminta Kedubes Tiongkok merespons protes dari para demonstran terkait penahanan Uighur di Xinjiang. Mereka menganggap Tiongkok telah melakukan intimidasi tehadap Uighur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jika tidak merespon, maka kita usir Duta Besar Tiongkok,” kata salah satu orator di atas mobil komando, di depan Kedutaan Besar Tiongkok, di Jakarta, Jumat, 21 Desember 2018.
 
Para orator terus menekankan bahwa mereka mengutuk keras tindakan Pemerintah Tiongkok terhadap kaum Uighur di Xinjiang. Mereka menyebut, perbuatan yang dilakukan merupakan pelanggaran nyata atas Hak Asasi Manusia, dan Hukum Internasional.
 
“Kami mendesak Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), PBB, dan Komnas HAM untuk menyelamatkan kaum Uighur,” lanjutnya.
 
Sebelumnya, Duta Besar Tiongkok di Jakarta telah dimintai penjelasannya oleh Kementerian Luar Negeri RI terkait penahanan jutaan Uighur dan umat Kristen di Xinjiang.
 
Baca juga: Tiongkok Sebut Beri Hak Kebebasan Beragama kepada Warga.
 
Kemenlu menegaskan bahwa sesuai dengan Deklarasi Universal HAM PBB, kebebasan beragama dan kepercayaan merupakan hak asasi dan dalam hal ini merupakan tanggung jawab setiap negara untuk menghormati.
 
Namun, sejak awal isu ini mencuat, Pemerintah Tiongkok selalu menyangkal bahwa terjadi penahanan. Mereka mengatakan yang terjadi adalah adanya pendidikan untuk menangkal terorisme dan ekstremisme di Negeri Tirai Bambu tersebut.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif