Pemimpin Korut Kim Jong-un terlihat di layar televisi. (AFP/KCNA)
Pemimpin Korut Kim Jong-un terlihat di layar televisi. (AFP/KCNA)

Populer Internasional: Penanganan Covid-19 di Korut hingga PM Bayangan Libya

Willy Haryono • 18 Mei 2022 08:56
Korea Utara (Korut) memobilisasi militer untuk mendistribusikan obat-obatan dan mengerahkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk membantu melacak pasien potensial Covid-19. Mobilisasi ini menjadi salah satu berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Dua berita terpopuler lainnya adalah kelompok Taliban yang tidak lagi menganggap Amerika Serikat (AS) sebagai musuh dan seputar Perdana Menteri 'bayangan' di Libya.
 
Berikut selengkapnya:

Korut Mobilisasi Militer untuk Lawan Covid-19

Korut kini menghadapi wabah pertama Covid-19 sejak pandemi muncul dua tahun lalu. Hal ini memicu kekhawatiran akan terjadinya krisis besar akibat kurangnya infrastruktur dan alat-alat kesehatan di Korut.
 
Markas besar pencegahan epidemi darurat Korut melaporkan 269.510 kasus gejala "demam," sehingga jumlah total menjadi 1.483.060 hingga Senin malam. Sementara itu dalam waktu yang sama, jumlah kematian bertambah menjadi 56. Tidak disebutkan berapa banyak orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menyusul perintah dari pemimpin Korut Kim Jong-un, korps medis dikerahkan untuk meningkatkan pasokan obat-obatan di ibu kota Pyongyang yang merupakan pusat epidemi saat ini.
 
Apa lagi detail seputar kondisi krisis Covid-19 di Korut? Cek selengkapnya di sini.

Taliban Tak Lagi Anggap AS sebagai Musuh

Taliban tidak lagi menganggap Amerika Serikat (AS) sebagai musuhnya. Pelaksana Tugas Menteri Dalam Negeri Afghanistan di bawah pemerintahan Taliban, Sirajuddin Haqqani menyampaikannya dalam wawamcara dengan CNN.
 
Haqqani mengatakan, Taliban akan berkomitmen untuk perjanjian Doha.
 
"Setelah ditandatangani dan gencatan senjata mulai berlaku, pertanyaan tentang musuh, kekalahan, perang dan hal-hal lain seperti itu tidak ada lagi," kata Haqqani.
 
Sebelumnya, Taliban menganggap AS sebagai musuh besarnya. Bahkan kebencian Taliban terhadap AS dilukiskan di dinding berbagai kota di Afghanistan.
 
Apa lagi yang disampaikan Haqqani terkait hal ini? Cek selengkapnya di sini.

PM Bayangan Masuk ke Tripoli, Bentrokan Pecah di Libya

Pertempuran pecah di ibu kota Libya, Tripoli akibat baku tembak pendukung dua pemerintahan yang bersaing. Bentrokan ini mengancam kekacauan baru di negara Afrika Utara yang kaya minyak itu.
 
Bentrokan meletus di Tripoli sebelum fajar dan baku tembak hebat terjadi sekitar pukul 07.00 waktu setempat.
 
Libya saat ini diperintah oleh PM Abdulhamid Dbeibah. Tetapi ia telah ditantang oleh Fathi Bashagha, yang ditunjuk sebagai perdana menteri saingan pada Februari lalu oleh parlemen di kota timur negara Tobruk.
 
Apa lagi detail seputar kondisi terbaru di Libya? Cek selengkapnya di sini.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif