Boeing 737 MAX mulai diizinkan terbang di Tiongkok. Foto: AFP
Boeing 737 MAX mulai diizinkan terbang di Tiongkok. Foto: AFP

Akhirnya! Tiongkok Berikan Persetujuan untuk Boeing 737 MAX Usai Kecelakaan

Internasional boeing Tiongkok Boeing 737 MAX
Medcom • 03 Desember 2021 20:04

 
Analis di perusahaan jasa keuangan global Morningstar, Burkett Huey mengatakan, Boeing masih menghadapi beberapa rintangan penting seperti memulihkan pengiriman pesawat 787 Dreamliner, pesawat terlaris lainnya. Selain itu, meningkatkan buku pesanannya setelah pembatalan dan pukulan dari penurunan penerbangan akibat covid-19. 
 
Namun, Huey menyebut, langkah CAAC sebagai “berita yang sangat baik dan sangat penting” bagi Boeing. Ketidakpastian terkait waktu bagi Tiongkok untuk menyetujui MAX diketahui telah berkontribusi pada kesulitan perusahaan dalam beberapa bulan terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiongkok juga memiliki harapan besar untuk mengembangkan industri penerbangannya sendiri, dengan perhatian terfokus pada pesawat berbadan sempit C919 milik Comac. Pesawat tersebut merupakan pesaing potensial bagi pesawat Airbus dan Boeing.
 
Sementara itu, para analis tidak percaya Tiongkok akan dapat memenuhi targetnya hanya dengan sejumlah perusahaan Tiongkok.
 
“Akan sulit bagi Tiongkok untuk tumbuh sebanyak mungkin tanpa Boeing setidaknya selama 10 tahun ke depan,” ucap Huey sambil menambahkan, tindakan CAAC “membuka akses ke pasar yang sangat kritis” untuk Boeing.
 
Saham Boeing ditutup dengan kenaikan 7,5 persen pada hampir tiga juta rupiah, pemenang terbesar di The Dow Jones Industrial Average (DJIA). Dow merupakan salah satu indeks pasar saham AS yang didirikan oleh editor The Wall Street Journal (WSJ) sekaligus pendiri Dow Jones & Company, Charles Dow. (Nadia Ayu Soraya)
 
(FJR)
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif