Boeing 737 MAX mulai diizinkan terbang di Tiongkok. Foto: AFP
Boeing 737 MAX mulai diizinkan terbang di Tiongkok. Foto: AFP

Akhirnya! Tiongkok Berikan Persetujuan untuk Boeing 737 MAX Usai Kecelakaan

Internasional boeing Tiongkok Boeing 737 MAX
Medcom • 03 Desember 2021 20:04

 
Disamping itu, pihak berwenang Tiongkok memberi lampu hijau pada Kamis, setelah mengharuskan peningkatan pada pesawat. Hal itu termasuk menginstal program perangkat lunak baru untuk mengatasi cacat dan memperbarui manual penerbangan.
 
“Setelah melakukan penilaian yang memadai, CAAC menganggap tindakan korektif sudah memadai untuk mengatasi kondisi tidak aman ini,” jelas dokumen dari otoritas yang dilihat AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arahan tersebut berarti tidak terdapat hambatan peraturan yang tersisa bagi MAX untuk kembali mengudara di Tiongkok. Meskipun, tidak jelas tepatnya kapan penerbangan akan dilanjutkan.
 
Pihak penerbangan memperkirakan, akan memakan waktu empat hingga enam minggu sebelum pesawat benar-benar melihat layanan dengan operator Tiongkok. Waktu tambahan akan diperlukan untuk memberikan pelatihan pilot dan memastikan jet siap terbang, setelah lama disimpan.
 
Boeing diketahui mendukung keputusan tersebut. “Keputusan CAAC merupakan tonggak penting menuju kembalinya 737 MAX dengan aman ke layanan di Tiongkok,” ujar Boeing di Tiongkok dalam sebuah pernyataan kepada AFP.
 
“Boeing terus bekerja dengan regulator dan pelanggan kami untuk mengembalikan pesawat ke layanan di seluruh dunia,” tutur pihak perusahaan yang didirikan oleh William E. Boeing sejak 1916 tersebut.
 
Seorang juru bicara Boeing mengatakan, lebih dari 180 negara telah mengizinkan MAX untuk kembali beroperasi. Salah satunya dengan Indonesia yang menjadi tempat kecelakaan pertama, dan Rusia di antara yang belum melakukannya.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif