Penembak mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Foto: Japan Times
Penembak mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Foto: Japan Times

Fakta Seputar Tetsuya Yamagami, Pembunuh Shinzo Abe

Sri Yanti Nainggolan • 11 Juli 2022 17:23
Jakarta: Kepolisian Jepang telah meluncurkan penyelidikan atas pembunuhan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe, 67. Pelaku pembunuhan adalah warga Nara, Tetsuya Yamagami, 41. 
 
Dilansir dari CNN, Shinzo Abe dinyatakan meninggal oleh dokter di Rumah Sakit Universitas Medis Nara, pada pukul 17.03 waktu setempat pada hari Jumat, 8 Juli 2022. Polisi menyebutkan Tetsuya Yamagami telah mengaku menembak mantan perdana menteri terlama Jepang itu.
 

Siapakah Tetsuya Yamagami?

Kyodo News menyebutkan Tetsuya Yamagami digambarkan sebagai orang yang "benar-benar normal" dan tampak tekun, berdasarkan keterangan dua orang yang pernah berinteksi dengannya. 
 
Baca: Shinzo Abe Dibunuh, Polisi Jepang Akui Ada Kelemahan Pengamanan

Tetsuya Yamagami dipekerjakan melalui agen pengiriman pada Oktober 2020 untuk bekerja di departemen pengiriman sebuah pabrik di Prefektur Kyoto. Mantan rekannya menggambarkan Yamagami sebagai seseorang yang menjaga dirinya sendiri.
 
"Jika itu pembicaraan tentang pekerjaan, dia akan merespons, tetapi dia tidak masuk ke kehidupan pribadinya. Dia tampak sopan," kata mantan rekannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan rekannya juga menyebutkan bahwa Tetsuya Yamagami biasanya makan siang sendirian di mobilnya dan hanya fokus pada satu topik saat mengobrol. 
 
Fakta Seputar Tetsuya Yamagami, Pembunuh Shinzo Abe
Tetsuya Yamagami, pelaku penembakan mantan PM Jepang Shinzo Abe./AFP
 

Tetsuya Yamagami mulai bermasalah di kantor 

Mantan rekannya mengatakan tidak ada masalah dengan Yamagami selama enam bulan pertama pekerjaannya saat bekerja di agen pengiriman mulai Oktober 2020. Namun, ia mulai menunjukkan "pengabaian bertahap" dari praktik kerja.
 
Pada bulan Maret, Tetsuya Tetsuya Yamagami mulai mengambil "libur tanpa izin" dan berbicara tentang "masalah jantung" dan masalah fisik lainnya. Sebelumnya, ia tidak memiliki masalah dengan ketepatan waktu atau kehadiran.
 
Pekerjaannya berakhir pada 15 Mei 2022. Saat melakukan aksi penembakan Shinzo Abe, Tetsuya Yamagami berstatus pengangguran. 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif