Kapal perang Filipina yang dibiarkan berada di Second Thomas Shoal. Foto: AFP
Kapal perang Filipina yang dibiarkan berada di Second Thomas Shoal. Foto: AFP

Populer Internasional: Filipina-Tiongkok Memanas hingga Kepulauan Solomon Lockdown

Fajar Nugraha • 26 November 2021 08:30
Manila: Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana mengatakan, pihaknya tidak akan memindahkan kapal angkatan laut yang berlabuh di sebuah atol di Laut China Selatan. Pernyataan ini dilontarkan pada Kamis, 25 November 2021.
 
Sikap keras Filipina itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom. Diikuti dengan kabar mengenai pendapat Amerika Serikat yang menyebutkan diplomasi merupakan satu-satunya solusi untuk perang saudara di Ethiopia.
 
Isu lain yang menarik perhatian adalah mengenai kerusuhan yang terjadi di Kepulauan Solomon yang membuat negara itu lockdown selama 36 jam. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:
 

1. Filipina Tolak Permintaan Tiongkok untuk Pindahkan Kapal Perang

Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana mengatakan, pihaknya tidak akan memindahkan kapal angkatan laut yang berlabuh di sebuah atol di Laut China Selatan. Pernyataan ini dilontarkan pada Kamis, 25 November 2021.
 
Dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 25 November 2021, Filipina menolak permintaan Tiongkok, setelah negara adidaya tersebut memblokir misi untuk memasok kembali awak kapal.
 
Lorenzana menolak pernyataan Tiongkok pada Rabu, "Filipina telah berkomitmen untuk memindahkan BRP Sierra Madre". Kapal tersebut secara sengaja didaratkan di Beting Thomas Kedua pada 1999 guna memperkuat klaim kedaulatan Manila di Kepulauan Spratly.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa yang menjadi pemicu ketegangan kedua negara? simak di sini.
 

2. AS Sebut Diplomasi Satu-satunya Solusi untuk Perang Saudara Ethiopia

Amerika Serikat (AS) memperingatkan tidak ada solusi militer untuk perang saudara Ethiopia. Mereka menegaskan, diplomasi adalah pilihan pilihan satu-satunya untuk menyelesaikan masalah ini.
 
Media melaporkan Perdana Menteri Abiy Ahmed berada di garis depan saat pasukan pemerintah memerangi pemberontak dari wilayah Tigray.
 

 
"Tidak ada solusi militer untuk konflik di Ethiopia," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, dilansir dari AFP, Kamis, 25 November 2021.
 
AS mendesak semua pihak untuk menahan diri, menghormati hak asasi manusia, mengizinkan akses kemanusiaan, dan melindungi warga sipil.
 
Bagaimana kondisi terbaru di Ethiopia? Selanjutnya di sini.
 

3. Pedemo Rusuh, Kepulauan Solomon Lockdown Selama 36 Jam

Pemerintah Kepulauan Solomon menerapkan penutupan wilayah selama 36 jam ke depan. Kebijakan lockdown diambil setelah para pedemo mendesak perdana menteri mundur dan membuat kerusuhan dengan membakar sejumlah bangunan.
 
Perdana Menteri Manasseh Sogavare menyerukan lockdown pada Rabu melalui pidatonya di stasiun televisi nasional.
 
"Lockdown Honiara yang akan berlangsung sampai Jumat pukul 07.00 waktu setempat akan memberikan ruang penegak hukum menyelidiki dengan sungguh-sungguh pelaku kerusuhan hari ini dan mencegah kerusakan lainnya," kata Sogavare seperti dikutip CNN, Kamis, 25 November 2021.
 
Unjuk rasa di Honiara dipicu luapan amarah warga terkait sejumlah masalah dalam negeri. Salah satunya, janji infrastruktur yang belum terealisasi.
 
Apa pemicu dari kerusuhan yang terjadi di Kepulauan Solomon? Simak tautan ini.
 
(FJR)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif