Kapal perang Filipina yang dibiarkan berada di Second Thomas Shoal. Foto: AFP
Kapal perang Filipina yang dibiarkan berada di Second Thomas Shoal. Foto: AFP

Populer Internasional: Filipina-Tiongkok Memanas hingga Kepulauan Solomon Lockdown

Fajar Nugraha • 26 November 2021 08:30
Manila: Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana mengatakan, pihaknya tidak akan memindahkan kapal angkatan laut yang berlabuh di sebuah atol di Laut China Selatan. Pernyataan ini dilontarkan pada Kamis, 25 November 2021.
 
Sikap keras Filipina itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom. Diikuti dengan kabar mengenai pendapat Amerika Serikat yang menyebutkan diplomasi merupakan satu-satunya solusi untuk perang saudara di Ethiopia.
 
Isu lain yang menarik perhatian adalah mengenai kerusuhan yang terjadi di Kepulauan Solomon yang membuat negara itu lockdown selama 36 jam. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:
 

1. Filipina Tolak Permintaan Tiongkok untuk Pindahkan Kapal Perang

Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana mengatakan, pihaknya tidak akan memindahkan kapal angkatan laut yang berlabuh di sebuah atol di Laut China Selatan. Pernyataan ini dilontarkan pada Kamis, 25 November 2021.
 
Dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 25 November 2021, Filipina menolak permintaan Tiongkok, setelah negara adidaya tersebut memblokir misi untuk memasok kembali awak kapal.
 
Lorenzana menolak pernyataan Tiongkok pada Rabu, "Filipina telah berkomitmen untuk memindahkan BRP Sierra Madre". Kapal tersebut secara sengaja didaratkan di Beting Thomas Kedua pada 1999 guna memperkuat klaim kedaulatan Manila di Kepulauan Spratly.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa yang menjadi pemicu ketegangan kedua negara? simak di sini.
 

2. AS Sebut Diplomasi Satu-satunya Solusi untuk Perang Saudara Ethiopia

Amerika Serikat (AS) memperingatkan tidak ada solusi militer untuk perang saudara Ethiopia. Mereka menegaskan, diplomasi adalah pilihan pilihan satu-satunya untuk menyelesaikan masalah ini.
 
Media melaporkan Perdana Menteri Abiy Ahmed berada di garis depan saat pasukan pemerintah memerangi pemberontak dari wilayah Tigray.
 
Halaman Selanjutnya
  "Tidak ada solusi militer…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif