PM Malaysia Muhyiddin Yassin (keempat dari kiri) bersama para pendukungnya di Sabah. Foto: Kantor PM Malaysia/CNA
PM Malaysia Muhyiddin Yassin (keempat dari kiri) bersama para pendukungnya di Sabah. Foto: Kantor PM Malaysia/CNA

Koalisi PM Malaysia Menang Pemilu Sabah, Harapan Anwar Pupus

Internasional anwar ibrahim politik malaysia Muhyiddin Yasin
Marcheilla Ariesta • 28 September 2020 17:54
Sabah: Koalisi Gabungan Rakyat Sabah (GRS), yang dipimpin Perdana Menteri Malaysia berhasil menggulingkan pemerintah negara bagian Warisan Plus yang dipimpin menteri utama Shafie Apdal. GRS menang dengan perolehan 38 dari 73 kursi yang diperebutkan.
 
Pihak-pihak komponen GRS, termasuk barisan Nasional (BN), Perikatan Nasional (PB), dan Parti Bersatu Sabah (PBS) belum mengumumkan identitas menteri utama Sabah berikutnya. Orang yang akan memimpin pemerintahan negara bagian tersebut.
 
Dilansir dari Channel News Asia, Senin, 28 September 2020, Warisan Plus meraih 32 kursi dan calon independen memenangkan tiga kursi tersisa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemenangan GRS tak lepas dari kampanye PM Malaysia, Muhyiddin Yassin. Ia mendesak warga Sabar untuk memilih GRS dengan meluncurkan manifesto yang menjanjikan lebih banyak pekerjaan, dana untuk membangun infrastruktur, dan lebih banyak dukungan untuk warga miskin.
 
Di tengah kampanye, Muhyiddin juga mengumumkan paket 'Kita Prihatin' yang akan memberikan bantuan keuangan senilai 10 miliar ringgit Malaysia (setara Rp35.6 triliun) dalam bentuk bantuan tunai untuk usaha kecil dan subsidi gaji. Paket ini untuk membantu warga Malaysia melewati pandemi virus korona.
 
Profesor Ahmad Martadha Mohamed yang mengepalai Tata Kelola dan Integritas Fakultas Hukum, Pemerintahan, dan Kajian Internasional Universiti Utara Malaysia mengatakan hasil tersebut menunjukkan Sabah mendukung kepemimpinan Muhyiddin. Para warga Sabah, kata dia, mendukung dan percaya atas penawaran sang perdana menteri.
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif