Kepala Angkatan Darat Australia Letnan Jenderal Simon Stuart. (Medcom.id)
Kepala Angkatan Darat Australia Letnan Jenderal Simon Stuart. (Medcom.id)

Latihan Garuda Shield Bukti Kemajuan Militer Indonesia di Kawasan Indo-Pasifik

Fajar Nugraha • 17 Agustus 2022 07:18

Bagaimana tanggapan prajurit Australia?

Prajurit Australia yg berpartisipasi sangat senang. Beberapa dari mereka, ini pertama kalinya keluar dari Australia. Mereka sangat ingin belajar kawasan tempat kita tinggal. Mereka ingin belajar juga tentang perspektif lain, termasuk juga ingin belajar bahasa, belajar budaya dan sangat ingin bertukar pikiran.
 
Mereka juga ingin tahu pelatihan dan pendidikan serta memahami tentara dari negara lain. tentunya sangat positif. Bekerja sama dengan kolega dari Indonesia benar-benar pesan kuat bagi saya mengenai nilai menghabiskan waktu bersama, fokus pada tantangan bersama, dan saling belajar dan mengajar antara satu sama lain pasukan.
 
Ini benar-benar program pertukaran dua arah. Ketika anda membawa rekan multilateral untuk terlibat, justru menambah wawasan dalam jumlah besar. Karena lebih banyak perspektif, lebih banyak kapasitas, lebih banyak cara untuk memecah berbagai permasalahan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya itu, program ini banyak memberikan hasil.

Bisa jelaskan tujuan utama yang dimaksud sebelumnya?

Saya kira seluruh negara memiliki tujuan bahwa angkatan daratnya memastikan seluruh populasinya aman dan untuk memastikan kita semua mengerti bagaimana untuk bekerja sama serta memastikan kita bisa bekerja sama dalam bentuk tantangan apapun yang sudah terjadi. Seperti contoh, kita sudah bekerja sama dalam cakupan luas memberikan bantuan kemanusiaan. Baru-baru ini Indonesia berkontribusi mendukung Australia saat krisis kebakaran hutan. 
 
Itu sebuah contoh yang sangat bagus terkait tantangan yang membutuhkan lebih dari apa yang bisa disediakan militer Australia. Dengan bekerja sama kita akan meningkatkan kapasitas untuk mengatasi tantangan itu. Itu salah satu contoh.
 
Anda bisa bayangkan kerja sama ini bisa digunakan dalam menghadapi tantangan yang lebih kompleks. Latihan garuda shield, jika anda lihat apa yang terjadi, kita akan melihatnya latihan yang fantastis. Tetapi sebelum prajurit tiba di Indonesia, kami sudah melakukan perencanaan bersama. Melakukan koordinasi bersama, komunikasi bersama, kita juga bekerja sama mengenai logistik untuk membawa orang dan perlengkapan, serta pendukung untuk segera siap.
 
Jadi skill, kerangka dan arsitektur di kawasan regional sangat penting untuk merespons terhadap kesulitan, entah itu dalam bidang kemanusiaan ataupun operasi militer.

Semua peserta berasal dari tempat dan bahasa berbeda, bagaimana bisa komunikasi bersama semisal di medan perang?

Saya melihat secara langsung di lokasi. Jadi saya tahu banyak rakyat muda indonesia mereka bisa berbahasa Inggris dengan baik. Sementara di Australia kami juga terus memperkuat kemampuan Bahasa Indonesia. Banyak dari prajurit kami menjalani pelatihan intensif selama enam minggu sebelum sebelum datang ke Indonesia. Sementara beberapa yang lain sudah memiliki skill Bahasa Indonesia.
 
Seperti contoh ada pimpinan kompi yang bisa berbahasa Indonesia, bahkan dia memberikan perintah menggunakan Bahasa Indonesia. Dia memberikan perintah kepada kompi pasukan gabungan TNI dan Australia dalam Bahasa Indonesia.
 
Jadi ini mengenai membangun bahasa tersebut, di mana kita memiliki persamaan. prajurit di seluruh dunia sangat inovatif, mereka bisa mencari cara (untuk berkomunikasi)… google translate jelas sangat populer digunakan di lapangan, selain juga gambar dan juga seperti menggunakan gerakan tubuh. Ini hal umum. Itu semua juga dilakukan setiap orang ketika melakukan perjalanan ke seluruh dunia.
 
Semua miliki cara untuk berkomunikasi. Prajurit dari Indonesia, Australia, Singapura, Jepang, AS sudah sangat baik dalam mencari cara untuk berkomunikasi demi bekerjasama dan menyelesaikan tugasnya. Sangat baik untuk melanjutkan membangun  bahasa dan skill yang sama. Saya sendiri sangat yakin dengan kemampuan warga, mereka selalu bisa mencari cara untuk berkomunikasi dan merampungkan tugas.
 
 
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif