Pedemo penentang kudeta di Myanmar ditembaki oleh pihak berwenang pada 2 Maret 2021, tiga terluka parah. Foto: AFP/STR
Pedemo penentang kudeta di Myanmar ditembaki oleh pihak berwenang pada 2 Maret 2021, tiga terluka parah. Foto: AFP/STR

3 Pedemo Terluka Parah Akibat Tembakan Pasukan Myanmar

Internasional myanmar asean aung san suu kyi Kudeta Myanmar Protes Myanmar
Harianty • 02 Maret 2021 21:45
Yangon: Sebanyak tiga pengunjuk rasa terluka parah ketika pasukan keamanan melepaskan tembakan langsung ke pengunjuk rasa anti-kudeta di Myanmar pada Selasa 2 Maret. Insiden terjadi bersamaan dengan pertemuan pada Menteri Luar Negeri ASEAN.
 
Pertemuan para Menlu ASEAN ini diadakan melalui video call, terjadi dua hari setelah hari paling berdarah kerusuhan sejak militer menggulingkan pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi sebulan lalu. Ulah militer memicu kemarahan dan protes jalanan massal di seluruh Myanmar.
 
Baca: Indonesia Desak Militer Myanmar Bebaskan Tahanan Politik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para pengunjuk rasa, banyak yang mengenakan topi pengaman dan memegang perisai darurat, berkumpul di belakang barikade di berbagai bagian kota utama Yangon. Mereka meneriakkan slogan-slogan menentang kekuasaan militer.
 
"Jika kami ditindas, akan ada ledakan. Jika kami terkena, kami akan membalas," teriak para demonstran, seperti dikutip AFP, Selasa 2 Maret 2021.
 
Mereka terus berteriak sebelum polisi bergerak dengan menembakkan granat setrum untuk membubarkan massa di setidaknya empat tempat berbeda di kota. Tidak ada laporan tentang cedera di Yangon tetapi beberapa orang terluka di kota barat laut Kale ketika polisi menembakkan peluru tajam untuk membubarkan kerumunan, menurut seorang aktivis demokrasi dan seorang reporter di kota itu.
 
"Beberapa terluka, dua dalam kondisi kritis," kata aktivis War War Pyone.
 
"Sekitar 20 orang terluka dalam tindakan keras pagi hari oleh polisi dan tentara di Kale," ucap seorang petugas penyelamat, yang tidak mau disebutkan namanya karena takut akan dampaknya.
 
Halaman Selanjutnya
"Tiga terkena peluru tajam dan…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif