Pil Molnupiravir keluaran Merck/MSD dianggap ampuh hadapi semua varian covid-19. Foto: Merck
Pil Molnupiravir keluaran Merck/MSD dianggap ampuh hadapi semua varian covid-19. Foto: Merck

Asia Berlomba-lomba Dapatkan Obat Terapi Covid-19 Molnupiravir

Willy Haryono • 06 Oktober 2021 18:05
Bangkok: Kabar mengenai pil antivirus covid-19 yang diproduksi oleh Merck mengundang perhatian banyak pihak. Tak kurang, beberapa negara memburu untuk membeli obat yang meminimalisir efek dari covid-19 itu.
 
Pemerintah Thailand sedang dalam pembicaraan dengan Merck untuk membeli 200.000 pil antivirus Molnupiravir untuk pengobatan covid-19. Sebelumnya Malaysia juga mengatakan sedang pembicaraan untuk membeli obat tersebut.
 
Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin mengatakan dalam sebuah tweet bahwa ia telah memulai negosiasi untuk mendapatkan obat-obatan baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat kami beralih ke hidup dengan covid-19, kami akan menambahkan opsi perawatan baru yang inovatif ke gudang senjata kami selain vaksin," tegas Khairy dalam Twitter.
 
Baca: Singapura Sepakati Penyediaan Pil Molnupiravir untuk Penanganan Covid-19.
 
Sementara Negeri Gajah Putih sepertinya tertinggal di belakang negara-negara Barat, setelah itu mereka alami ketika berebut mencari vaksin covid-19.
 
“Thailand saat ini sedang mengerjakan perjanjian pembelian untuk obat antivirus, yang dikenal sebagai molnupiravir,” ujar Direkut Jenderal Departemen Layanan Medis Thailand, Somsak Akksilp.
 
Korea Selatan (Korsel) dan Taiwan mengatakan mereka juga sedang dalam pembicaraan untuk membeli pengobatan potensial. Sementara Filipina, yang menjalankan uji coba pil tersebut mengatakan, pihaknya berharap penelitian domestiknya akan memungkinkan akses ke pengobatan tersebut.
 
Mereka semua menolak untuk memberikan rincian tentang negosiasi pembelian. Sejauh ini, Australia telah menandatangani perjanjian pasokan lanjutan dengan MSD (nama lain untuk Merck) untuk membeli 300.000 obat.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif