Pidato pertama Presiden Joko Widodo di Sidang Majelis Umum PBB. Foto: Kemenlu RI
Pidato pertama Presiden Joko Widodo di Sidang Majelis Umum PBB. Foto: Kemenlu RI

Usulkan PBB Berbenah, Jokowi Sampaikan Tiga Pemikiran

Internasional joko widodo Sidang Majelis Umum PBB 2020
Theofilus Ifan Sucipto • 23 September 2020 08:13

Pemikiran kedua agar PBB bisa lebih efektif adalah penguatan collective global leadership. Indonesia paham bahwa dalam hubungan antar negara, dalam hubungan internasional, setiap negara selalu memperjuangkan kepentingan nasionalnya.
 
Baca: Dalam Sidang PBB, Jokowi Tegaskan Kembali Mendukung Palestina Merdeka.
 
Namun mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan agar semua pihak tanggung jawab untuk kontribusi menjadi bagian dari solusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Di sinilah dituntut peran PBB untuk memperkokoh collective global leadership. Dunia membutuhkan spirit kolaborasi dan kepemimpinan global yang lebih kuat untuk mewujudkan dunia yang lebih baik,” sebut Jokowi.
 
Penanganan pandemi covid-19 turut menjadi perhatian bagi perubahan PBB. Kerja sama dalam penanganan covid-19 harus diperkuat, baik dari sisi kesehatan maupun dampak sosial ekonominya.
 
Vaksin menurut mantan Wali Kota Solo itu akan menjadi game changer dalam perang melawan pandemi.  Negara anggota PBB harus bekerja sama untuk memastikan bahwa semua negara mendapatkan akses setara terhadap vaksin yang aman dan dengan harga terjangkau.
 
Tata kelola ketahanan kesehatan dunia juga turut menjadi perhatian dan harus lebih diperkuat. Ketahanan kesehatan dunia yang berbasis pada ketahanan kesehatan nasional akan menjadi penentu masa depan dunia.
 
“Dari sisi ekonomi, reaktivasi kegiatan ekonomi secara bertahap harus mulai dilakukan, dengan melakukan koreksi terhadap kelemahan- kelemahan global supply chains yang ada saat ini. Aktivasi ekonomi harus memprioritaskan kesehatan warga dunia,” ucapnya.
 
“Dunia yang sehat, dunia yang produktif, harus menjadi prioritas kita. Semua itu dapat tercapai jika kita semua bekerja sama....bekerja sama...dan bekerja sama,” tutur Presiden.
 
“Mari kita memperkuat komitmen, dan konsisten menjalankan komitmen untuk selalu bekerjasama,” tutup Presiden Jokowi.

 
(FJR)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif