Deolipa (Foto: instagram)
Deolipa (Foto: instagram)

Deolipa Sebut Hakim yang Membebaskan Nikita Mirzani Bisa Dilaporkan

Elang Riki Yanuar • 30 Desember 2022 21:29
Jakarta: Nikita Mirzani divonis bebas dalam kasus pencemaran nama baik terhadap Dito Mahendra. Salah satu pertimbangan vonis itu adalah jaksa tidak mampu menghadirkan Dito Mahendra sebagai pelapor.
 
Kasus itu memantik komentar pengacara dan praktisi hukum, Deolipa Yumara. Mantan pengacara Bharada E itu menyebut proses peradilan terhadap Nikita masih bisa dilanjutkan.
 
"Bisa berlanjut perkaranya. Kalau ada alasan-alasan yang rasional dari pihak pelapor (Dito Mahendra), orang kan boleh saja sakit, tiba-tiba enggak mampu menjadi saksi, kan bisa saja, bukan berarti harus dilepas ini perkaranya," kata Deolipa di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Deolipa menambahkan, Dito harus menjalani beberapa tahapan seperti melakukan usulan ke jaksa, membuat pengaduan ke ketua pengadilan hingga melaporkan ke Komisi Yudisial (KY).
 
"Kan ada tiga tahapan tuh, supaya ini nanti clear. Jadi kita paham sebenarnya apa yang terjadi. Apakah penetapan ini bersifat sementara? Apakah menjadi suatu putusan?. Ini kan sudah ada penetapan dari majelis, dia (Dito) harus mengajukan pengaduan supaya perkaranya tidak perlu dilepas oleh hakim. Karena sudah ada penetapan, jadi harus dibuat penetapan baru, dibuka lagi perkaranya," jelas Deolipa.
 
Deolipa memandang persidangan Nikita Mirzani belum masuk ke dalam pokok perkara. Sehingga hakim yang menangani persidangan bisa dilaporkan ke KY untuk menguji hukum acara hingga alasan melepaskan terdakwa dalam sidang tersebut.
 
"Ini bisa digugat juga hukum acaranya, apakah sudah sesuai dengan hukum acara atau tidak? Cuma untuk menentukan sesuai dengan hukum acara adanya di wilayah Komisi Yudisial yang menentukan. Apakah hakim sesuai hukum acara atau tidak?" paparnya.
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif