Dorce Gamalama. Foto: Antara.
Dorce Gamalama. Foto: Antara.

Alasan Dorce Gamalama Dimakamkan Sebagai Laki-Laki

Cindy • 16 Februari 2022 14:26
Jakarta: Artis senior Dorce Gamalama alias Bunda Dorce meninggal akibat covid-19 pada Rabu, 16 Februari 2022. Dorce meninggal usai dirawat selama tiga minggu di Rumah Sakit Pertamina Simprug. 
 
Dorce akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bantar Jati, Jakarta Timur. Dorce dipastikan akan dimakamkan sebagai laki-laki
 
"Saya pakai laki-laki. Hasil musyawarah semuanya dengan cara laki-laki," kata pengurus Masjid Al Hayyu, Anna Muhajir, Rabu, 16 Februari 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Dorce Tak Dimakamkan sebagai Perempuan, Ustaz: Yang Penting Keimanan Dia

Alasan Dorce dimakamkan sebagai laki-laki

Dorce sebelumnya sempat memberi wasiat ingin dimakamkan sebagai perempuan. Sebab dia telah menjadi perempuan sejak dia melakukan operasi kelamin. 
 
"Sebagai saya sekarang. Saya perempuan, saya punya kelamin perempuan, jadi harus (dimakamkan sebagai perempuan)," ujar Dorce beberapa waktu lalu. 
 
Menurut Muhajir, hal itu tidak bisa terlaksana lantaran Dorce terlahir sebagai laki-laki. Meski sudah pernah operasi kelamin menjadi perempuan, kodrat Dorce tetap sebagai laki-laki. Hal ini sesuai dengan syariat Islam. 
 
"Itu kan cuma keinginan beliau, yang ngurusin kan kita semua. Kita semua tahu beliau dilahirkan seperti apa, ya kita kembalikan lagi ke asal," ucapnya. 
 
Baca: Jadi Komorbid Dorce Gamalama, Ini Cara Kelola Diabetes

Jenazah Dorce Gamalama dimakamkan tumpuk

Jenazah Bunda Dorce akan ditumpuk dengan makan sepupunya yang pernah terjangkit covid-19. Hal ini juga sudah sesuai dengan permintaan keluarga. 
 
"Rencana pemakamannya kita akan tumpuk di Bantar Jati. Itu sudah ada sepupunya beliau. Dia sama sepupunya itu dekat," kata Anna. 
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif