Spotify hapus ratusan lagu K-Pop
Spotify hapus ratusan lagu K-Pop

Ratusan Lagunya Dihapus Spotify, Kakao M Angkat Bicara

Hiburan k-pop spotify streaming musik
Muhammad Syahrul Ramadhan • 01 Maret 2021 16:05
Jakarta: Pihak Kakao M angkat bicara soal lagu yang berada dibawah label mereka menghilang dari Spotify. Tercatat ada ratusan dari belasan artis yang mereka distribusikan dihapus oleh platform streaming musik tersebut.
 
Melansir Soompi, Kakao M membantah pernyataan Spotify yang menyebut bahwa pihaknya tidak memperpanjang lisensi global yang berakhir pada 28 Februari 2021. Pihak perusahaan mengungkapkan yang terjadi justru Spotify secara sepihak memutuskan perjanjian lisensi global. Padahal, pihak Kakao M sudah meminta adanya perpanjangan.
 
Pihak Kakao M juga mengklarifikasi perihal negosiasi katalog artis yang mereka distribusikan masih akan tersedia di Spotify versi Korea Selatan. Hal ini juga tidak ada kaitannya dengan perpanjangan lisensi global mereka yang sudah kedaluwarsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tidak terkait dengan perjanjian lisensi global kami yang sudah ada sebelumnya dengan Spotify, Kakao M telah melakukan negosiasi terpisah dengan Spotify terkait kontrak domestik untuk penyediaan musik,” kata Kakao M dikutip dari Soompi, Senin, 1 Maret 2021.
 
“Tidak terkait dengan kontrak domestik, yang masih kami negosiasikan, kami menerima secara terpisah pemberitahuan berakhirnya lisensi kami pada 28 Februari, dan kami meminta perpanjangan kontrak global kami yang ada,” sambung mereka.
 
Namun, mereka juga mengakui kontrak lisensi global sudah habis. Tetapi, saat ini tengah dalam tahap negosiasi.
 
“Karena kebijakan Spotify bahwa mereka harus melanjutkan kontrak domestik dan global pada saat yang sama, kontrak global kita saat ini telah habis. Kami sedang melanjutkan negosiasi kami tentang pasokan musik,” jelas mereka.
 
Sebelumnya, Spotify mengungkapkan alasan ratusan lagu yang didistribusikan Kakao M hilang dari peredaran di platform mereka. Disebutkan keduanya tidak sudah bernegosiasi tetapi tidak ada titik temu.
 
“Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir,” ujar juru bicara Spotify.
 
Ia pun menyebut berakhirnya kerja sama lisensi global ini menjadi kerugian tersendiri untuk artis yang lagunya didistribusikan oleh Kakao M. Terlebih untuk para penggemar yang tidak bisa lagi menikmati musik dari idola mereka.  
 
“Fakta bahwa kami belum mencapai kesepakatan global baru sangat disayangkan untuk artis mereka, serta untuk penggemar dan pendengar di seluruh dunia,” jelasnya.
 
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif