Mamamoo (Foto: allkpop)
Mamamoo (Foto: allkpop)

Lisensi Berakhir, Ini Daftar Artis K-Pop Berlabel Kakao M yang Lagunya Dihapus Spotify

Hiburan musik k-pop twitter spotify streaming musik
Muhammad Syahrul Ramadhan • 01 Maret 2021 14:25
Jakarta: Spotify menghapus ratusan lagu di bawah naungan label Kakao M. Ini dilakukan setelah kedua pihak tidak menemukan kesepakatan soal perpanjangan lisensi global.
 
Hal ini diungkapkan oleh juru bicara platform streaming musik tersebut. Kepada NME ia mengatakan per 1 Maret 2021 atau hari ini katalog lagu dari Kakao M tidak akan lagi tersedia.
 
"Kami sudah bekerja sama dengan Kakao M selama 1,5 tahun untuk memperbarui kesepakatan lisensi global, agar musik-musik dari artis mereka tetap tersedia untuk pendengar Spotify di hampir 170 pasar di dunia," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga membeberkan bahwa sebenarnya pihaknya dan Kakao M tengah bernegosiasi perihal perpanjangan lisensi. Namun, negosiasi berlangsung alot dan tidak ada titik temu.
 
“Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir,” ujarnya.
 
Berikut daftar artis K-Pop berlabel Kakao M yang dihapus Spotify:
  1. MAMAMOO
  2. SEVENTEEN
  3. IU
  4. MONSTA X
  5. GFRIEND
  6. The Boyz
  7. LOONA
  8. Sunmi
  9. (G)I-DLE
  10. BtoB
  11. Apink
  12. P1Harmony
  13. Dreamcatcher
  14. Epik High
  15. SISTAR
  16. CRAVITY
  17. Cosmic Girls
Mendengar kabar tidak mengenakan ini para penggemar K-Pop langsung mencak-mencak. Twitter pun ramai dengan netizen yang mengaku kaget tiba-tiba semua daftar lagunya idolanya hilang. Khususnya, artis di bawah label Kakao M.
 
Saya tidak pernah semarah ini. Saya baru saja bangun dan menemukan setengah dari playlist Monsta X saya di Spotify hilang. Ini Senin,” cuit @ray***
 
Sedih banget bangun-bangun  tau-tau nya ada banyak lagu yang Nggak ada di spotify. Baru saja kemarin selesai buat K-Hiphop playlist,” tulis netizen lainnya @koa***
 
Mereka pun berharap lagu-lagu dari idola mereka kembali ke Spotify. Mereka menyayangkan permasalahan antara Spotify dan Kakao M malah mengorbankan pengguna.
 
Mesti ada yang mau ngalah sih. Tapi kalo dua-duanya pasang badan, yang kalah user sama artisnya. Spotify sama Kakao M akan terus begitu,” cuit @steph***
 
 
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif