Alat musik ansambel. Foto: Paxels
Alat musik ansambel. Foto: Paxels

Pengertian Musik Ansambel Beserta Jenis dan Contohnya

Putri Purnama Sari • 03 Desember 2022 11:57
Jakarta: Alat musik ansambel adalah kombinasi musik yang terdiri dari campuran beberapa alat musik yang dipilih serta mengandung unsur ritmis, melodis, dan harmonis.
 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian musik ansambel adalah kelompok pemain musik (penyanyi) yang bermain bersama secara tetap.
 
Musik ansambel dapat dimaknai sebagai sebuah sajian musik yang dilagukan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau berbagai jenis alat musik. Dengan berbagai jenis alat musik yang berbeda dan dimainkan secara bersamaan ini, akan menghasilkan musik yang indah untuk dinikmati.
 
Baca: NoizeKilla: Instrumen Musik Tradisional Punya Frekuensi Menyembuhkan
 

Jenis Musik Ansambel

Musik Ansambel dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu musik ansambel berdasarkan penyajiannya, ansambel berdasarkan peranan serta fungsi alat-alat musik, dan ansambel berdasarkan golongan musiknya.
 

Berdasarkan penyajiannya

Berdasarkan penyajiannya, musik ansambel juga dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
1. Musik ansambel sejenisMusik ansambel sejenis adalah bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan alat-alat musik sejenis. Contoh musik ansambel sejenis adalah ansambel rekorder.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Musik ansambel campuran
Musik ansambel campuran adalah bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik atau bermacam-macam jenis alat musik. Contoh musik ansambel campuran adalah pianika, gitar, rekorder, triangle, tamborin, dan simbal.
 

Berdasarkan penyajiannya peranan dan fungi

Berdasarkan peranan dan fungsinya, musik ansambel dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
1. Ansambel melodis
Musik ansambel melodis adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contoh ansambel melodis: piano, rekorder, pianika, biola, terompet, tamborin, dan harmonika.
 
2. Ansambel ritmis
Musik ansambel ritmis adalah alat musik yang digunakan untuk mengatur irama sebuah lagu. Contoh ansambel ritmis: tamborin, drum set, triangle, gong, dan gendang.
 
3. Ansambel harmonis
Musik ansambel harmonis adalah alat musik yang berfungsi untuk memainkan melodi lagu dan mengatur irama lagu. Contoh ansambel harmonis: biola, cello, gitar.

Berdasarkan golongan

Berdasarkan golongannya, musik ansambel dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Sumber bunyi
Akrofon, Membranofon, Kordofon, Idiofon, Elektrofon.
 
2. Cara memainkan
Dipukul, dipetik, ditiup, digoyangkan atau digetarkan, serta digesek.
 


 
(WAN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif