Muttaqiena Imaamaa, Ashill Ikado, Edwin Lengkei  (Foto: Medcom.id/ Nuel)
Muttaqiena Imaamaa, Ashill Ikado, Edwin Lengkei (Foto: Medcom.id/ Nuel)

TikTok Gandeng Konten Kreator Hadirkan Konten Spesial Selama Ramadan

Imanuel R Matatula • 13 Maret 2025 23:07
Jakarta: Berdasarkan riset yang dilakukan oleh TikTok dan Toluna, hampir satu juta video diunggah ke TikTok pada Ramadan tahun 2024, dengan hampir setengah pengguna menghabiskan waktu lebih banyak di TikTok dibanding platform lain.
 
Melihat antusiasme pengguna yang tinggi saat bulan suci Ramadan, tahun ini Tiktok menggandeng kreator dan publisher ternama guna menghadirkan konten Ramadan yang menginspirasi dengan durasi yang lebih panjang dan berkualitas.
 
"Setiap tahunnya, dari sahur hingga berbuka, komunitas TikTok di Indonesia terus berbagi kemeriahan perayaan bulan suci versi mereka lewat konten autentik yang tak hanya menghibur, tetapi juga penuh makna,” kata Senior Manager, PR and Communications, TikTok Indonesia, Edwin Lengkei.

“Semangat berbagi ini menginspirasi kami untuk menghadirkan ragam konten berkualitas dengan durasi lebih panjang guna menemani pengguna menjalani bulan suci dengan lebih bermakna,” sambungnya.
 
Tahun ini TikTok meluncurkan kampanye spesial bertajuk #RamadanDiTikTok. Sejumlah konten kreator terpilih yang disebut sebagai Sahabat Bulan Ramadan (SABAR) akan berbagi konten inspirasi.
 
baca juga: IShowSpeed Kalahkan Para YouTuber dalam Tantangan “Treadmill Terbesar di Bumi” MrBeast

 
Selain itu ada pula serial drama Ramadan berdurasi lebih panjang, dari para kreator dan publisher ternama yang siap menjadikan perayaan bulan suci tahun ini lebih bermakna bagi komunitas TikTok di Indonesia.
 
“Kami harap sajian hiburan dan inspirasi dari para kreator dan publisher ternama ini dapat menjadikan tagar RamadanDiTikTok tahun ini menjadi lebih berwarna bagi komunitas pengguna, dan masyarakat di Indonesia," ujar Edwin.

Inspirasi Ramadan Sebulan Penuh dari Para SABAR di TikTok

Tahun ini, sejumlah kreator TikTok yang tergabung dalam Sahabat Bulan Ramadan (SABAR) siap menghibur dan menginspirasi para pengguna dari sahur hingga berbuka puasa.
 
Lewat tantangan #RamadanDiTikTok, beberapa kreator SABAR yang siap berbagi inspirasi Ramadan selama 30 hari, antara lain; Nadia Alaydrus, yang membagikan tips kesehatan selama Ramadan, Ashilla Sikado dengan inspirasi make up dan busana untuk acara buka puasa bersama dan Lebaran, serta Mursid yang berbagi resep takjil unik.

Ngabuburit di TikTok dengan Serial Drama dari Kreator dan Publisher Ternama

TikTok juga berkolaborasi dengan sejumlah kreator dan publisher ternama untuk menghadirkan serial drama bertema Ramadan berdurasi lebih panjang untuk dinikmati oleh keluarga dan kerabat terdekat.
 
Dari sahur hingga berbuka, komunitas TikTok dapat menyaksikan berbagai serial drama menarik antara lain Ada Apa dengan Sinta (Indovidgram), LDR (Anatman Films), Pertemuan Meja Tenis dan Tambatan Hati (SCTV), Anonymous Love (Leo Pictures), Rana dan Maya (Asia Media Productions), dan Aktris Hebat dan 1 Cinta 2 Keyakinan (Noice).
 
Muttaqiena Imaamaa, Penulis dan Produser dari Anatman mengatakan, dengan adanya #RamadanDiTikTok, dapat memberikan kesempatan bagi timnya untuk berkarya dalam ruang yang aman dan kreatif. Menariknya serial drama tersebut dibuat dalam bentuk vertikal.
 
“Dengan durasi yang lebih panjang, kami dapat lebih leluasa mengekspresikan makna bulan Ramadan di TikTok dengan menyajikan narasi yang lebih mendalam,” ucap Imaamaa.
 
“Tentunya, dengan tetap mempertahankan kualitas konten sehingga dapat dinikmati oleh pengguna TikTok bersama keluarga dan teman-teman mereka," sambungnya.
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ELG)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan