Spencer Bakalar saat berbagi pengalaman di Media Group (Foto: Muhammad Adnan)
Spencer Bakalar saat berbagi pengalaman di Media Group (Foto: Muhammad Adnan)

Jurnalis TIME Spencer Bakalar Berbagi Cerita tentang Video Dokumenter

Hiburan film dokumenter
Agustinus Shindu Alpito • 16 Juli 2019 14:32
Jakarta: Produser video TIME, Spencer Bakalar, hadir ke kantor Media Group, pada Senin, 15 Juli 2019, dalam sebuah lokakarya yang digelar oleh Eagle Institute Indonesia.
 
Spencer berbagi cerita tentang proyek seri dokumenter berjudul Firsts, yang digagas oleh TIME. Proyek itu mengangkat cerita singkat kehidupan para perempuan yang memiliki kontribusi besar, seperti astronot, pebalap, atlet, sutradara film Hollywood, hingga ilmuwan.
 
Menariknya, seri video Firsts hanya berdurasi kurang dari 10 menit tiap episodenya. Kendati demikian, seri dokumenter ini mampu menghadirkan cerita yang kuat dan menggugah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awalnya, Firsts lahir ketika Hillary Clinton maju sebagai kandidat presiden Amerika Serikat. Dari situ redaksi TIME merasa perlu untuk mengangkat kisah-kisa perempuan inspiratif dari seluruh penjuru Amerika. Syaratnya, para perempuan yang diangkat dalam serial ini sudah pernah melakukan hal besar di industrinya masing-masing dan merupakan pencapaian tertinggi pertama yang dilakukan perempuan pada bidang itu.
 
"Proyek ini untuk anak-anak di dunia, khususnya perempuan, memberi panutan dan contoh bagi mereka seputar profesi-profesi yangg tidak banyak diketahui," kata Spencer.
 
Dalam lokakarya ini, Spencer mendapat beberapa pertanyaan dari peserta. Salah satunya bagaimana caranya untuk dapat membuat film dokumenter super singkat yang memiliki kekuatan cerita dan mampu menggugah mereka yang menonton?
 
Dia menjelaskan, bahwa dalam membuat sebuah proyek dokumenter, tiap episode harus diawali dengan sebuah kalimat pernyataan tentang sosok yang diangkat. Selain itu, dalam proses wawancara, jurnalis yang terlibat harus melontarkan pertanyaan inti yang lugas, sehingga meminimalisir jawaban yang bias dari narasumber.
 
Proyek ini menghasilkan 50 episode dalam fase pertama pengerjaan. TIME membutuhkan sekitar dua tahun untuk merampungkan proses riset dan syuting, kemudian memerlukan 8 bulan untuk pasca-produksi.
 
Proyek dokumenter Firsts mendapat beberapa penghargaan, salah satunya mendapat penghargaan Documentary Project of The Year dalam POYi Awards 2018.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif