Film Jenderal Soedirman (Foto: padmapictures)
Film Jenderal Soedirman (Foto: padmapictures)

5 Rekomendasi Film Pahlawan Indonesia

Medcom • 10 November 2022 15:17
Jakarta: Indonesia memperingati hari pahlawan yang jatuh setiap 10 November. Hari ini diperingati untuk mengenang jasa pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Indonesia.
 
Salah satu untuk mengenang jasa pahlawan adalh menonton film bertema pahlawan. Berikut adalah lima film lokal yang cocok untuk ditonton di Hari Pahlawan:
 
    Susi Susanti: Love All (2019)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Film biopik yang menceritakan perjalanan hidup ratu bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti yang berhasil menyabet medali emas pertama untuk Indonesia dalam Olimpiade Musim Panas 1992 di Barcelona
 
Susi membuktikan bahwa untuk menjadi Pahlawan, Prestasi tinggi bukanlah hal utama, melainkan seberapa besar pengorbanan yang dilakukan untuk tanah air tercinta.
 
Sosok Susi Susanti diperankan oleh Laura Basuki yang kemudian mengantarkannya menjadi Aktris Terbaik Festival Film Indonesia 2020.
 

 
    Sang Pencerah (2010)
 
Film yang dibuat oleh Hanung Bramantyo ini berdasarkan kisah nyata Ahmad Dahlan yang merupakan Pendiri salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia dan Dunia, Muhammadiyah.
 
Lewat film berdurasi 123 menit itu penonton akan diajak mengikuti perjuangan Ahmad Dahlan yang dibintangi Lukman Sardi untuk meningkatkan pendidikan rakyat namun mendapat tentangan dari sebagian orang. Surau tempatnya mengawali pergerakan pun dihancurkan karena dianggap mengajarkan aliran sesat.
 

 
    Tjoet Nja’ Dhien (1988)
 
Berkisah tentang perjuangan seorang wanita asal Aceh bernama Tjoet Nja’ Dhien bersama teman-temannya untuk melawan tentara Belanda pada zaman penjajahan sebelum Indonesia merdeka.
 
Dalam film ini penonton diperlihatkan bagaimana sulitnya pihak Belanda bertempur melawan Aceh pada perang yang berlangsung lebih dari 30 tahun dan menjadi pertarungan terpanjang dalam sejarah kolonial Hindia Belanda.
 

 
    Soekarno (2013)
 
Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup sang Proklamator. Film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini menghadirkan Ario Bayu sebagai Soekarno dan Maudy Koesnaedi sebagai Inggit Garnasih.
 
Film Soekarno ini bercerita tentang presiden pertama Indonesia dan perjuangan nasionalismenya untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari pemerintahan kolonial Belanda. Dalam film ini, kita bahkan diperlihatkan kisah masa kecil Soekarno yang sempat memiliki nama Kusno kemudian diganti menjadi Soekarno lantaran ia terus sakit-sakitan.
 

 
    Jenderal Soedirman (2015)
 
Dalam film pahlawan Indonesia ini menceritakan tentang perjuangan Jenderal Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang belum stabil dan kuat.
 
Film yang disutradarai oleh Viva Westi ini menghadirkan beberapa bintang top seperti Adipati Dolken sebagai jenderal Soedirman, Baim Wong sebagai Soekarno, Nugie sebagai Mohammad Hatta dan lain lain.
 

 
(Raja Alif Adhi Budoyo)
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif