Indro Warkop Sebut Piala Citra Ciptakan Jarak Bagi Film Laris

Purba Wirastama 15 Maret 2018 07:00 WIB
indro warkop
Indro Warkop Sebut Piala Citra Ciptakan Jarak Bagi Film Laris
Indro Warkop (Foto: Medcom/Purba)
Jakarta: Aktor tiga generasi Indrodjojo Kusumonegoro alias Indro Warkop menyebut ajang Piala Citra atau Festival Film Indonesia (FFI) telah menciptakan jarak antara film laris dengan film yang menjadi nomine. Menurut Indro, film laris seolah-olah tak bisa bermutu sesuai versi FFI.

"Jujur saja, FFI itu dulu bikin jarak, antara film yang laku dengan film bermutu – mereka menyebutnya film bermutu," kata Indro kepada Medcom.id saat ditemui di kawasan Gelora, Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018.

"Jadi, akhirnya ya begitu. Sebetulnya hampir sama seperti (FFI) sekarang. Dulu karena (FFI) cuma satu-satunya penghargaan. Christine Hakim bisa tiga sampai lima kali (meraih Piala Citra)," lanjut Indro.


FFI, yang dulu diberi nama Pekan Apresiasi Film Nasional dalam tiga gelaran pertama, telah diadakan berkala selama 37 kali sejak 1955. Menurut Indro, rata-rata film yang masuk nominasi adalah film yang kebetulan kurang laris di bioskop. Hal ini menjadi semacam pola yang memberi kesan buruk bagi film yang sukses secara komersial.

"Film yang enggak laku saja yang di situ, film yang dinyatakan tak bermutu yang di luar. Film laku pasti enggak bermutu. Seolah-olah seperti itu. Jadi, ada jarak," ujar Indro.

"Sekarang agak sedikit enggak," imbuhnya.

Indro menyebut pelabelan ini sudah surut sedikit demi sedikit. Apalagi apresiasi penghargaan film telah berkembang lebih banyak secara kuantitas. Selain FFI, sejumlah kanal televisi dan institusi memiliki penghargaan versi masing-masing. Sebagian penghargaan menyertakan film-film laris untuk dinilai.

"Ini sebuah jembatan untuk semua film. Film yang laku ikut bermutu, film yang bermutu menjadi ikut laku," tukas Indro.

Indro adalah pria kelahiran Purbalingga 1958 yang aktif di dunia media dan hiburan sejak tahun 1970-an. Dia menjadi penyiar radio, seniman komedi, serta aktor yang populer lewat lusinan film Warkop DKI bersama Dono dan Kasino.

Sejak 2010, Indro kembali aktif bermain film layar lebar. Terakhir dia muncul sebagai cameo di Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! produksi Falcon Pictures. Dia akan kembali muncul dalam film terbaru bersama Tora Sudiro yang berjudul Gila Lu, Ndro!


 



(ELG)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id