Jemaah Haji Embarkasi Makassar Diajari Pakai Toilet Pesawat
Suasana ruang simulasi mockup pesawat terbang di Asrama Haji Sudiang Makassar
Makassar:Jemaah haji Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan, mendapatkan sejumlah pembekalan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Salah satunya belajar menumpang pesawat terbang, melalui fasilitas ruang simulasi atau mockup pesawat di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar mulai memanfaatkan mockup pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 sejak musim haji tahun lalu. Fasilitas ini memuat 90 kursi, yang digunakan bergantian oleh jemaah haji selama berada di asrama.


Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar Kaswad Sartono mengungkapkan, mockup dirancang persis dengan ruang kabin pesawat terbang pengangkut jemaah haji. Mockup disediakan untuk menunjang aspek pelayanan, pembinaan, dan perlindungan bagi jemaah saat berada di udara.

Lewat mockup, petugas PPIH antara lain mengajarkan seputar penggunaan instrumen dan perlengkapan di pesawat terbang. Selain kursi dan alat keselamatan, penggunaan toilet pesawat jadi salah satu materi penting.

“Jemaah diajarkan bagaimana menggunakan toilet, baik untuk buang air maupun bersuci. Karena salah satu masalah yang umum ditemui, banyak penumpang pesawat tidak tahu soal itu,” kata Kaswad di Makassar, Kamis 19 Juli 2018.

Kaswad melanjutkan, jemaah haji diajari tata cara tayammum dan salat selama di pesawat. Mereka juga mendapat petunjuk soal perlindungan bagi penumpang yang sakit atau situasi daruat lainnya.

“Banyak calon jemaah haji yang tidak pernah naik pesawat. Ada yang pernah, tapi cuma perjalanan dua jam. Sedangkan ke Tanah Suci butuh waktu sebelas jam di atas pesawat, sehingga akan banyak masalah yang ditemui,” ujar Kaswad.

“Kebijakan menghadirkan mockup untuk memastikan jemaah tidak kesulitan menggunakan perlengkapan pesawat,” dia menambahkan.

Mockup pesawat di Asrama Haji Sudiang Makassar diresmikan tahun 2017. Fasilitas ini hanya terdapat pada dua asrama haji di Indonesia. Satu lainnya ada di Palembang, Sumatera Barat.

Tahun ini PPIH Embarkasi Makassar berangkatkan 15.896 calon haji yang terbagi dalam 35 kelompok terbang. Selain Sulsel, jemaah berasal dari delapan provinsi lain di kawasan timur Indonesia.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id