Jemaah haji. Foto: MI/Dwi Apriani
Jemaah haji. Foto: MI/Dwi Apriani

Dana Haji Mampu Stabilkan Nilai Tukar Rupiah

Haji ibadah haji
Anggi Tondi Martaon • 15 April 2020 17:56
Jakarta: Dana haji disebut bisa membantu menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (US$). Saat ini, rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp15.645-Rp15.650 per US$1.
 
Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu menjelaskan pemanfaatan dana haji bisa dilakukan jika penyelenggaraan Haji 2020 dibatalkan. Jumlah dana untuk keperluan penyelenggaraan Haji 2020 mencapai US$620 juta atau setara Rp9,7 triliun.
 
"Jadi, US$620 juta tadi itu siap untuk masuk ke pasar membantu Bank Indonesia bila dibutuhkan," kata Anggito dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR melalui telekonferensi di Jakarta, Rabu, 15 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, dana tersebut tersimpan di perbankan syariah di Indonesia dalam bentuk valuta asing. Saat ini, BPKH menunggu keputusan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi terkait penyelenggaraan Haji 2020.
 
"Nanti kalau haji tidak dijalankan atau kuotanya berkurang, maka dolar kita ini bisa membantu stabilitas nilai tukar," ungkap dia.
 
Dana Haji Mampu Stabilkan Nilai Tukar Rupiah
Kepala BPKH Anggito Abimanyu. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah
 
Baca: Kemenag Tegaskan Tak bakal Alihkan Dana Haji untuk Penanggulangan Korona
 
Anggito menyampaikan dana pembiayaan Haji 2020 masih utuh. Pasalnya, Kementerian Agama (Kemenag) menunda pembayaran kontrak barang dan jasa penyelenggaraan haji, baik itu di dalam maupun luar negeri.
 
"Ini menjadi pegangan kami bahwa sampai sekarang belum ada dana yang ke satuan kerja Kemenag," ujar dia.
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif