Jemaah Dilarang Bercampur Lawan Jenis
ILUSTRRASI: Suasana pemondokan haji Indonesia di Mekah, Arab Saudi, Selasa (16/12/2008)/ANTARA/pandu dewantara
Mekah: Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Mekah mengimbau calon haji (calhaj) Indonesia tidak bercampur lawan jenis demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini sebagaimana tertuang dalam peraturan perhajian Arab Saudi-Indonesia. 

"Kebijakan itu bukan hanya dari pemerintah Indonesia, tapi juga Pemerintah Saudi, kata Kepala Seksi Akomodasi PPIH Daker Mekah, Ihsan Faisal, Kamis, 9 Agustus 2018.


Ihsan mengatakan, meski hingga saat ini belum ada calhaj lawan jenis yang berada dalam satu kamar. Namun pihaknya tetap berkepentingan untuk terus memberikan imbauan.

Petugas tak segan akan menegur calhaj yang berupaya melakukan pelanggaran itu dan mengarahkan mereka kembali ke kamar masing-masing.

"Taklimatul hajj menjadi rujukan penyelenggara haji dari berbagai negara. Pemerintah Saudi membuatnya untuk kemaslahatan dan kelancaran pelaksanaan haji di Tanah Suci," kata dia.

Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam penyelenggaraan haji 2018 menyiapkan 165 hotel dengan 54 ribu kamar untuk tempat tinggal jemaah Indonesia selama di Mekah. Pemondokan itu tersebar di sejumlah kawasan Jarwal, Misfalah, Raudhah, Mahbas Jin, Syisyah, Aziziah, dan Rei Bakhsy.



(SBH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id