End Google Analytics -->
WISATA

3 Berita Terpopuler Gaya: Pemerintah Tutup 3 Akses Pantai di Nusa Penida Hingga Mondayisation

Yatin Suleha
Minggu 15 Januari 2023 / 06:00
Jakarta: Banyaknya WNA yang menjadi korban jiwa saat berwisata ke Nusa Penida, Bali menjadi sorotan banyak pihak. Situasi ini dibahas serius dalam rapat koordinasi terbatas Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Klungkung di Ruang Rapat Bupati, Kamis 12 Januari 2023 lalu.

Terdapat 2 WNA asal Korea Selatan yang hilang di Pantai Diamond, Nusa Penida, Bali pada 3 Januari 2023 lalu, hingga hari ke-9 tim SAR Gabungan memutuskan untuk menghentikan pencarian, karena korban tak juga ditemukan.

Dari pertemuan para pimpinan di setiap lembaga itu, akhirnya Pemkab Klungkung memutuskan untuk menutup akses wisata ke tiga pantai di Nusa Penida. Berikut ini, Medcom.id/gaya merangkum berita menarik yang terjadi sepanjang Sabtu, 14 Januari 2023:
 

1. Diamond Beach Merenggut Nyawa, Pemerintah Tutup 3 Akses Pantai di Nusa Penida


Tiga pantai yang ditutup aksesnya adalah Diamond Beach, Kelingking Beach, dan Angel Billabong. Ketiga pantai itu dianggap memiliki arus kencang dan berbahaya. Selain itu, karena juga adanya peristiwa dua wisatawan mancanegara yang hilang terseret arus di Pantai Diamond Beach.

Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta mengatakan, untuk penutupan akses berenang di tiga pantai sudah berlaku sejak Jumat, 13 Januari 2023.

"Dan, artinya untuk sementara ditutup karena memang di tiga pantai itu arusnya sangat kencang dan sudah banyak korban. Jadi keputusan bapak Bupati menutup sementara sambil nanti ada kajian secara ilmiah,” imbuhnya.



Selengkapnya klik di sini
 

2. Ternyata Wanita Lebih Rentan Terkena Henti Jantung, ini Alasannya


Setiap tahun, sekitar 6 juta orang di seluruh dunia meninggal karena kematian jantung mendadak yang disebabkan oleh henti jantung mendadak (SCA).  

Wanita menghadapi 20 persen peningkatan risiko gagal jantung atau kematian dalam lima tahun setelah serangan jantung parah pertama mereka dibandingkan dengan pria. Fakta itu menurut penelitian baru yang diterbitkan jurnal Circulation American Heart Association.

Terdapat studi yang diterbitkan dalam European Heart Journal pada Mei 2019, menemukan bahwa wanita lebih mudah mengalami serangan jantung daripada pria, yang menyebabkan tingkat kelangsungan hidup yang lebih rendah dari henti jantung.



Selengkapnya klik di sini
 

3. Tanggapi Program Mondayisation Jadi Tanggal Merah, Ini Kata Menparekraf


Pengusulan Mondayisation atau pergantian hari libur diusulkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Hal ini mengacu pada hari-hari libur nasional yang jatuh pada akhir pekan.

Pada 6 Januari 2023 lalu, Sandiaga Uno sempat membagikan video tentang pendapat mengenai Indonesia bisa menerapkan Mondayisation ini. 

Media sosial Instagram resminya pun bertuliskan, “Saya rasa kerja dan liburan itu harus seimbang. Sekedar istirahat di rumah atau mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar tempat tinggal bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengisi libur di hari kejepit.”

Mondayisation telah dilakukan di New Zealand. Ketika hari libur nasional jatuh pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, maka orang-orang berhak mengambil hari libur di hari Seninnya sebagai pengganti hari libur nasional.



Selengkapnya klik di sini
(TIN)

MOST SEARCH