WISATA

Trip.com Buka Kantor Baru di Tangerang, Siap Dorong Pertumbuhan Pariwisata Indonesia

A. Firdaus
Jumat 03 Oktober 2025 / 12:11
Tangerang: Industri pariwisata Indonesia sedang berada di jalur positif. Sepanjang lima bulan pertama 2025 saja, tercatat 3,84 juta orang Indonesia bepergian ke luar negeri, sementara 5,63 juta turis mancanegara datang ke Tanah Air.

Melihat tren tersebut, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pun menetapkan target ambisius: 1,08 miliar perjalanan domestik dan 16 juta wisatawan asing di 2025, dengan proyeksi kontribusi hingga Rp1.269,8 triliun atau 5,5% dari PDB nasional.

Menangkap peluang besar ini, Trip.com semakin serius memperkuat kehadirannya di Indonesia. Perusahaan perjalanan global tersebut resmi membuka kantor baru di Tangerang, yang menjadi pusat utama bagi berbagai fungsi inti perusahaan, mulai dari Business Development, Marketing, Sales, hingga layanan pelanggan.  

Indonesia jadi pasar utama Trip.com


Edmund Ong, Senior Regional Director Asia Tenggara Trip.com, menyebut Indonesia sebagai pasar strategis. Dengan populasi lebih dari 280 juta jiwa dan ambisi besar dalam menjadikan pariwisata motor penggerak ekonomi, Indonesia dipandang sebagai ladang subur untuk inovasi dan pertumbuhan industri perjalanan.

“Kami ingin mempercepat pengembangan industri perjalanan domestik, memperkuat kolaborasi dengan ekosistem pariwisata, sekaligus menempatkan Trip.com sebagai mitra penting dalam perjalanan pariwisata Indonesia,” ujar Edmund dalam peresmian kantor baru.
 

Lebih dekat dengan mitra Lokal


Kehadiran kantor baru ini tidak hanya untuk memperluas operasi, tetapi juga membuka akses lebih dekat dengan pemerintah, maskapai, jaringan hotel, dan penyedia jasa perjalanan lainnya.

Krishna Arya, General Manager Trip.com Indonesia, menegaskan pihaknya berkomitmen untuk menjadi mitra jangka panjang bagi Indonesia.

“Kami ingin mendukung pertumbuhan pariwisata berkelanjutan melalui inovasi digital, layanan yang lebih inklusif, dan membuka peluang ekonomi baru,” jelasnya.


Krishna Arya, General Manager Trip.com Indonesia bersama Edmund Ong, Senior Regional Director Asia Tenggara Trip.com saat membuka kantor baru di Tangerang. Dok. A. Firdaus/Medcom
 

Kolaborasi dengan hotel, maskapai, hingga dompet digital


Trip.com juga menggandeng berbagai mitra lokal untuk memperkaya pengalaman wisatawan Indonesia. Di antaranya adalah Archipelago International, Ini Vie Hospitality, Bobobox, hingga maskapai penerbangan dalam negeri.

Dari sisi pembayaran, Trip.com bekerja sama dengan bank dan dompet digital populer, mulai dari VISA, DBS, OVO, Jenius, Bank Mega, hingga ShopeePay dan SpayLater yang akan segera hadir, memberikan fleksibilitas bagi wisatawan dalam merencanakan perjalanan mereka.
 

Dari Bali ke Tangerang, ekspansi yang terus tumbuh


Sejak pertama hadir di Indonesia pada 2015 hanya dengan tiga karyawan, Trip.com kini telah berkembang pesat. Kantor pusat di Bali kini diperkuat dengan kantor baru di Tangerang, lengkap dengan tim lintas fungsi dan pusat layanan pelanggan 24 jam berbahasa lokal.

Dengan ekspansi ini, Trip.com berharap bisa semakin dekat dengan para wisatawan Indonesia sekaligus mendukung visi besar pemerintah menjadikan pariwisata sebagai salah satu tulang punggung ekonomi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)

MOST SEARCH