WISATA

Menparekraf Promosikan Wisata di Indonesia ke Negara ASEAN, Bisa untuk Syuting Drakor juga lho!

A. Firdaus
Jumat 08 September 2023 / 13:10
Jakarta: KTT ke-43 ASEAN 2023 benar-benar menjadi momen Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno untuk mempromosikan wisata Tanah Air ke Negara-negara yang datang ke sini.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan itu pada saat membuka "CElebrASEAN 2023: ASEAN Creative Economy Week" yang berlangsung di kawasan Stasiun MRT Jakarta. Acara ini turut menyeemarakkan KTT ke-43 ASEAN 2023.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga menceritakan dirinya terus mempromosikan pariwisata Indonesia. Ia juga mengajak kepala negara dan para delegasi yang terlibat dalam KTT ke-43 ASEAN agar berwisata di Indonesia saja.

"Dari Korea saya sampaikan bahwa di wilayah Jawa Barat khususnya Lido sangat baik untuk lokasi syuting. Australia sudah menjajaki untuk extend ke Malang agar bisa melihat KEK Singosari. Kemudian untuk Bali semua delegasi ingin berangkat ke sana," ujar Menparekraf Sandiaga dalam keterangan persnya.

"Tapi untuk Vietnam, Laos, Thailand saya ajak ke Borobudur untuk ‘umrohnya’ mereka kan di sana, di Borobudur, jadi ini kami ingin ajak supaya kunjungan mereka lebih lama, lebih berkualitas, dan lebih bisa berdampak terhadap ekonomi lokal," sambungnya.

Kemudian terpilihnya MRT ASEAN sebagai venue CElebrASEAN 2023: ASEAN Creative Economy Week ini karena merupakan tempat yang strategis untuk mempromosikan usaha para pegiat UMKM di Indonesia. Menparekraf Sandiaga mengatakan CElebrASEAN hadir sebagai ruang promosi produk ekonomi kreatif, tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari negara anggota ASEAN lainnya seperti Malaysia.

"Saya yakin ASEAN Matters ini adalah kesempatan kita untuk tidak hanya perusahaan-perusahaan besar yang terlibat tapi UMKM kita, kita tampilkan di CElebrASEAN. Kita harapkan ini juga menjadi selebrasi dari ekonomi kreatif kita," kata Menparekraf Sandiaga

Menparekraf Sandiaga juga mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada PT MRT atas inisasinya yang berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, Tourism Malaysia, Tepanas, dan didukung oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

"Koridor ASEAN ini ada enam ribu (pengguna MRT) perhari dan sekarang (secara keseluruhan) sudah kembali lagi ke angka sebelum pandemi 100 ribu pengguna MRT perhari. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi produk UMKM. Mudah-mudahan dengan kolaborasi ini bisa terus mendorong kemajuan dari ekonomi kita," kata Menparekraf Sandiaga.

Sementara itu Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT. MRT Jakarta Muhammad Effendi mengungkapkan bahwa PT. MRT Jakarta tidak hanya menghadirkan layanan transportasi yang aman dan nyaman. Tapi juga memberikan wadah bagi pengusaha khususnya UMKM.

"Karena kami punya space, dan Kemenparekraf punya UMKM jadi kita padukan, kita kerja sama di situ. Mudah-mudahan dengan CElebrASEAN kita bisa memberdayakan UMKM," kata Effendi.

Bagi pengguna transportasi MRT serta masyarakat luas yang ingin menjadi "Rojali" rombongan yang jadi beli, dapat mengunjungi Stasiun MRT Bundaran HI dan Skybridge MRT ASEAN, karena CElebrASEAN berlangsung hingga 9 September 2023.

Ada pula rangkaian agenda CElebrASEAN 2023: ASEAN Creative Economy Week yakni ASEAN Create! -- 5P Youth Forum, yang berlangsung di Ballroom Nine Thamrin, pada 7 September 2023.

ASEAN Create! -- 5P Youth Forum digelar guna mempromosikan tujuan pembangunan berkelanjutan PBB kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Dengan menggunakan lima pilar SDGs (_Sustainable Development Goals_) yaitu manusia, planet, kemakmuran, kemitraan, dan perdamaian (5P).

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH