WISATA

Jelang Liburan Nataru, Ini 5 Fakta tentang Tren Wisata di Indonesia

A. Firdaus
Kamis 22 Desember 2022 / 18:45
Jakarta: Pembukaan perbatasan, meningkatnya angka vaksinasi nasional, dan akselerasi pemulihan ekonomi telah mendorong minat dan kepercayaan masyarakat untuk kembali melakukan aktivitas perjalanan dan wisata terutama dalam menyambut momen libur akhir tahun 2022. Hal itu tertuang dalam beberapa data.

Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi pergerakan mobilitas masyarakat pada natal dan tahun baru (Nataru) 2022-2023 akan mencapai 22,4% dari jumlah penduduk Indonesia, atau setara 60,6 juta orang.

Hal ini juga sejalan dengan data internal Traveloka yang menunjukkan bahwa, minat berwisata akhir tahun pengguna terus meningkat baik destinasi domestik maupun internasional. Berikut beberapa fakta tentang aktivitas wisata di Indonesia berdasarkan data internal Traveloka:
 

1. Pengguna transportasi darat naik


Traveloka mencatat bahwa jelang akhir tahun 2022, pada Desember 2022 terdapat peningkatan transaksi pada pengguna transportasi darat sebesar 70% dibandingkan dengan pada awal 2022.
 

2. Minat destinasi lokal dan internasional


Traveloka juga mengamati bahwa terdapat peningkatan minat pada sejumlah destinasi domestik favorit dari konsumen pada kota-kota besar seperti Bali, Medan, Surabaya, Makassar dan Jakarta. Sedangkan untuk destinasi internasional favorit, di antaranya Singapura, Malaysia dan Thailand.
 

3. Aktivitas outdoor


Geliat industri pariwisata yang terus melonjak turut mendorong minat konsumen terhadap aktivitas di luar ruangan seperti atraksi wisata, hal ini terlihat dari meningkatnya pemesanan produk atraksi wisata Traveloka Xperience naik hingga 30% pada Desember jelang libur akhir tahun dibandingkan bulan lalu.
 

4. Tren staycation masih favorit


Terlebih dari itu, tren staycation dalam menyambut momen libur akhir tahun tetap menjadi pilihan favorit konsumen yang terbukti dengan peningkatan hingga 20% pada animo pemesanan akomodasi di Jakarta dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode Desember 2022.
 

5. Short booking window


Selain itu, Traveloka melihat bahwa tren pemesanan kebutuhan perjalanan baik transportasi, akomodasi, hingga atraksi wisata semakin meningkat mendekati periode akhir tahun. Internal data Traveloka menemukan bahwa perilaku konsumen mengalami perubahan di mana para konsumen memiliki kecenderungan untuk melakukan periode pemesanan kebutuhan perjalanan dalam waktu yang singkat (short-booking window).

Berdasarkan beberapa fakta di atas, Traveloka meluncurkan program Promo Akhir Tahun Dadakan yang akan berlangsung sejak 19 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Program Promo Akhir Tahun ini menawarkan diskon hingga 50% untuk seluruh produk Traveloka seperti pilhan aktivitas liburan dan atraksi, akomodasi, juga transportasi, baik di destinasi domestik maupun internasional.

Bersamaan dengan libur sekolah, periode akhir tahun bisa menjadi pilihan bagi keluarga untuk melakukan perjalanan. Mengusung tagline terbaru Traveloka - Life, Your Way, promo akhir tahun ini hadir sebagai salah satu pilihan bagi konsumen yang menginginkan kendali penuh untuk merencanakan liburan akhir tahun impian sesuai dengan preferensi masing-masing.

"Liburan akhir tahun merupakan perpaduan berbagai momentum seperti libur sekolah, mudik, istirahat akhir tahun maupun kesempatan bagi konsumen untuk berkumpul bersama keluarga," ujar Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer, Traveloka.

"Memahami keberagaman kebutuhan serta peningkatan minat bepergian pada momentum ini, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman terbaik bagi konsumennya dengan meluncurkan program promosi spesial akhir tahun guna memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi konsumen dalam merencanakan perjalanan bebas khawatir di tengah antusiasme berlibur akhir tahun masyarakat yang semakin memuncak," sambungnya.

Program promosi yang dimaksud di antaranya:

- Promo spesial akhir tahun yang hadir sebanyak dua kali setiap harinya selama periode promo pada pukul 00.00-14.59 WIB serta 17.01 hingga 23.59 WIB. Program ini menawarkan potongan harga hingga 50% untuk seluruh produk Traveloka.

- Promo spesial akhir tahun produk internasional yang berlangsung pada pukul 15.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya. Program ini ditujukan untuk pemesanan produk Akomodasi, Transportasi dan Xperience dengan diskon hingga 50%.

- Flash Sale pada pukul 19.00-23.59 WIB setiap harinya dan berlaku untuk pemesanan kebutuhan perjalanan domestik dan internasional. Bagi perjalanan domestik, program Flash Sale menawarkan potongan harga hingga 50% ditambah dengan kupon hingga Rp 500.000 untuk seluruh produk Traveloka.

"Kehadiran program Promo Akhir Tahun Dadakan diharapkan dapat membantu konsumen mewujudkan liburan akhir tahun yang lebih bermakna sesuai pilihannya. Dengan animo perjalanan yang semakin meningkat di akhir tahun, kami optimis geliat industri pariwisata Indonesia akan terus bangkit dan menguat di tahun-tahun mendatang," tutup Shirley.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH