End Google Analytics -->
WISATA

Strategi Menparekraf Sandiaga Tingkatkan Kunjungan Wisman pada 2023

A. Firdaus
Selasa 07 Februari 2023 / 20:55
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan jumlah kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Indonesia pada Desember 2022 mengalami kenaikan. Pada momen liburan lalu, mengalami kenaikan 447,08 persen atau mencapai 895,12 ribu kunjungan, dibandingkan pada Desember 2021

Sementara jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, jumlah kunjungan Wisman pada Desember 2022 mengalami kenaikan 36,19 persen. Hal itu membuat target jumlah kunjungan menurut Menparekraf Sandiaga, terpenuhi.

"Jumlah kunjungan wisman yang awalnya diproyeksikan di 5,2 juta kunjungan, akhirnya hampir tercapai 5,5 juta kunjungan. Naik 251,28 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada tahun 2021,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan pada Desember 2022, kedatangan wisatawan mancanegara menurut kebangsaan berasal dari Singapura (20,15 persen), Malaysia (17,98 persen), Australia (11,42 persen), Timor Leste (8,4 persen), dan India (5,61 persen).

Sedangkan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada Desember 2022 mencapai 56,90 persen, naik 5,33 poin dibandingkan dengan TPK Desember 2021.

"Tentunya ini diikuti dengan lama menginap tamu yang rata-rata lama menginap tamu hotel klasifikasi bintang selama Desember 2022 tercatat sebesar 1,62 hari, naik 0,01 poin dibandingkan dengan kondisi Desember 2021 dan turun 0,08 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya," kata Menparekraf.

Demi bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, Menparekraf pun terus mendorong para pelaku parekraf menciptakan paket-paket wisata yang lebih inovatif dan menambah penerbangan langsung. Ia juga akan memperkenalkan 5 Destinasi Super Prioritas pada wisatawan mancanegara, dengan melakukan promosi kekinian melalui placement product.

"Produk-produk Indonesia yang diminati seperti kopi, kuliner Indonesia, ada juga fesyen yang nanti ditampilkan di New York, ini nanti kita akan promosikan destinasi destinasi super prioritas," ucap Menparekraf Sandiaga.

"Juga melalui promosi digital melalui tim markom yang akan mendorong lebih pendekatan lebih targeted dan segmented, sehingga awareness dari 5 DSP ini akan lebih meningkat di pasar pasar yang kita tuju,” pungkasnya.
(FIR)

MOST SEARCH