WISATA

Ini Destinasi Lokal yang Menjadi Incaran Pelancong saat Liburan Nataru

Medcom
Senin 21 November 2022 / 22:54
Jakarta: Jelang Hari Natal dan Tahun Baru 2023, tidak sedikit masyarakat memiliki tujuan untuk berlibur. Tidak hanya destinasi internasional, ternyata destinasi lokal tetap banyak peminatnya lho.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), potensi mobilitas masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2023 diprediksi akan mencapai 22,4 persen dari total populasi nasional. Hal ini merupakan wajar, mengingat peringatan Nataru menjadi momen para keluarga menghabiskan waktu untuk berlibur.

Traveloka sendiri mencatat bahwa tidak sedikit masyarakat melakukan perjalanan liburan, baik ke luar negeri maupun di Indonesia aja. Hal tersebut dilihat dari transaksi pada “Traveloka Travel Fair 11.11” yang digelar November ini.

Masyarakat Indonesia memilih menghabiskan waktu di luar untuk melihat sebuah atraksi atau mengunjungi taman bermain. Peningkatan penjualan tiket hingga 24 persen tersebut menjadi penanda bahwa warga Indonesia memiliki minat tinggi untuk berlibur di destinasi lokal.

Shirley Lesmana selaku Chief Marketing Officer Traveloka menyebut bahwa kondisi global yang semakin pulih dari pandemi ini, membuat minat masuarakat melakukan perjalanan ke berbagai destinasi pun menguat.

“Sepanjang tahun ini kita sudah mendengar istilah revenge travel di mana masyarakat di seluruh dunia memiliki keinginan kuat untuk kembali berwisata, begitu pun dengan masyarakat Indonesia,” kata Shirley.

Jenis taman wisata atau atraksi yang digemari oleh konsumen adalah destinasi yang menawarkan beragam permainan untuk seluruh keluarga, seperti Dufan di Jakarta, Jatim Park di Kota Batu, dan Trans Studio di Bandung.

Destinasi lokal lainnya yang dikunjungi banyak masyarakat Indonesia adalah kota-kota yang seringkali dikunjungi wisatawan seperti Bali, Medan, Surabaya, Makassar, hingga Jakarta.

Tidak hanya kota-kota tersebut, Traveloka juga mendapati bahwa masyarakat Indonesia mulai tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata yang mulai berkembang seperti Batam, Pekanbaru, Biak, Manado, Timika, hingga Kendari.

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH