End Google Analytics -->
WISATA

Ini Lokasi dan Harga Tiket Sanghyang Heuleut, Destinasi Cocok untuk Healing

Medcom
Sabtu 07 Januari 2023 / 15:15
Jakarta: Sedang mencari destinasi wisata di Bandung yang berbeda nan eksotis? Kini kamu bisa mengunjungi Sanghyang Heuleut, yang dikenal akan keindahan alamnya. Lokasi ini cocok untuk kamu healing atau merelaksasikan diri.

Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau yang mengalir di atas arus sungai Citarum Purba. Lokasi ini menjadi salah satu dari Citarum Purba yang dapat dilihat langsung susunan bebatuannya.

Tempat wisata alam di Cipatat Bandung Barat ini merupakan lokasi yang memiliki kolam alami terpencil dengan air kobalt. Wisata ini dapat diakses dengan jalur pendakian di jalan sempit dan berbatu.

Sanghyang Heuleut memiliki keindahan yang luar biasa. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti bermain air dan mengabadikan momen di sana. Tidak hanya itu, kamu bisa menaiki batu dengan ketinggian 5 hingga 8 meter, lalu melompat ke danau.

Uniknya lagi, telah banyak warga yang percaya tentang Sanghyang Heuleut ini dahulu dipakai oleh para bidadari untuk mandi. Hal ini biasa kita dengar pada cerita zaman dahulu dari tanah Sunda.

Sanghyang Heuleut disebut dengan danau purba karena adanya perbukitan yang membentuk perbatuan khas dari hasil letusan Gunung Api Purba, yang dikenal dengan sebutan Gunung Sunda.

Mengapa danau ini masih terjaga dan terlindungi hingga saat ini? Masih terjaganya danau ini dikarenakan adanya Bendungan Saguling yang kini menjadi sumber air di Danau Sanghyang Heuleut.

Lokasi wisata ini memang cukup tersembunyi. Sehingga, masih terjaga keasrian alamnya. Bahkan, bagi kamu yang berminat untuk pergi ke sini, kamu harus menempuh jarak yang tidak dekat, dengan jalanan yang tidak mulus pastinya.

Keindahan Sanghyang Heuleut tidak hanya sebatas pada danau yang dikelilingi oleh tebing bebatuan yang seakan melindungi danau tersebut dari dunia luar. Sanghyang Heuleut juga dilengkapi dengan adanya tatanan pepohonan rimbun yang memberi keteduhan, sekaligus melukiskan keindahan danau. Bahkan, air terjun yang menjadi sumber pengairan danau juga mempercantik lokasi wisata ini.

Lokasi Sanghyang Heuleut ini berada di Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kamu bisa menggunakan kendaraan untuk pergi ke lokasi ini.

Jika kamu berminat untuk pergi ke Sanghyang Heuleut, kamu perlu menyiapkan Rp20 ribu untuk tiket masuk. Membawa kendaraan pula akan menambahkan biaya, yakni parkir motor sebesar Rp5 ribu, dan parkir mobil sebesar Rp10 ribu.

Jangan lupa untuk selalu mengingat jam operasional. Pada Senin hingga Jumat, buka mulai jam 8 pagi hingga 4 sore WIB. Sementara itu, akhir pekan dimulai dari jam 7 pagi hingga 5 sore WIB.

Aulia Putriningtias
(FIR)

MOST SEARCH