KULINER

Tempe Bacem Bakar, Lauk Nasi Hangat yang Sederhana dan Lezat

Mia Vale
Minggu 27 Maret 2022 / 07:00
Jakarta: Salah satu kuliner khas Jawa yang pasti sudah banyak yang mengetahuinya yaitu bacem. Baik tempe ataupun tahu yang dibacem bercitarasa manis. Ini karena penggunaan bumbu khas gula merah.

Menurut pengamat kuliner, Odilia Wineke masyarakat Jawa pada abad ke-19 berpikir untuk membuat panganan yang berbahan dasar gula. "Masyarakat Jawa kala itu mencari bumbu yang murah dan mudah di dapat. Kebetulan, pada abad 19, di Indonesia terjadi tanam paksa tebu. Di Solo, banyak sekali pabrik gula karena banyak perkebunan tebu. Karena jumlahnya banyak, gula pun harganya paling murah," paparnya.
 
Selain gula, tambah Odelia, bahan lain yang paling murah adalah ketumbar. Karena murah dan mudah didapat, masyarakat Jawa pun sering memakai gula dan ketumbar sebagai bumbu makanan," paparnya pada Medcom.id.

Nah, ENDEUSiast bisa kok membuat resep bacem tempe dengan cara dibakar. Enggak sulit kok. Lihat yuk caranya dinukil dari Endeus TV berikut ini.
 

Bahan tempe bacem bakar:


300 ml air kelapa
150 gr gula merah, sisir halus
4 lembar daun salam
2 sdt air asam jawa pekat
4 lembar daun salam
400 g tempe, iris tebal 1,5 cm
cabai rawit, untuk pelengkap
 

Bumbu, haluskan:


8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm lengkuas, cincang
2 sdt ketumbar, sangrai
1 sdt garam
 

Cara membuat tempe bacem bakar:


1. Dalam panci, masukkan bumbu halus, air kelapa, daun salam dan air asam jawa. Aduk hingga gula larut. Masukkan daun salam dan tempe, aduk
2. Masak di atas api sedang hingga mendidih, kecilkan apinya. Masak hingga cairan menyusut dan bumbu meresap. Angkat
3. Bakar tempe di atas bara api atau dengan wajan grill hingga permukaannya kecoklatan dan harum. Angkat, sajikan dengan cabai rawit

Tips: Aduk perlahan sesekali saat memasak bacem, agar tempe tidak lengket di dasar panci/wajan.



(TIN)

MOST SEARCH