KULINER

Es Buko Pandan Khas Filipina, Cocok Juga untuk Hidangan Pencuci Mulut Lebaran

Mia Vale
Rabu 27 April 2022 / 09:05
Jakarta: Siapa yang belum pernah mencoba hidangan pencuci mulut ala kuliner Filipina ini? Nah, kalau ENDEUSiast belum pernah mencobanya, bisa coba membuat resep es buko saat ini lho. Karena hidangan ini cocok banget buat dessert Lebaran nanti.

Jadi apa sih es buko pandan ini? Jadi, buko pandan merupakan hidangan dessert khas Filipina. Dalam bahasa Filipina, buko artinya kelapa muda. Hidangan ini menyajikan kelapa muda yang campur dengan air kelapa, susu, serta daun atau pasta pandan.

Setelah dibuat, buko pandan bisa disimpan di kulkas selama lima hari dan di freezer selama dua minggu lho. Sudah penasaran akan seperti apa rasa es buko pandan yang sudah sangat terkenal di Filipina ini? Yuk, buat dan lihat resep buatnya dari Endeus TV berikut ini.
 

Bahan es buko pandan:


200 gr daging buah kelapa muda
200 gr nata de coco
50 gr sagu mutiara, rebus hingga matang
500 ml whipping cream
200 ml susu evaporasi
150 ml susu kental manis
2 tetes pasta pandan
 

Jeli pandan kelapa:


700 ml air kelapa
5 lembar daun pandan, ikat simpul
70 gr gula pasir
1 bungkus (15 g) jeli bubuk
1 sdt pasta pandan
 

Cara membuat es buko pandan:


1. Jeli pandan kelapa: Masak air kelapa dan daun pandan hingga mendidih. Matikan api, angkat daun pandan. Masukkan gula pasir, jeli bubuk,pasta pandan aduk hingga rata sampai gula larut
2. Angkat, tuang ke dalam wadah cetak. Simpan jeli dalam kulkas hingga dingin
3. Keluarkan jeli, potong ke dalam ukuran dadu 1,5 cm
4. Dalam sebuah wadah besar, masukkan jeli pandan kelapa, daging buah kelapa muda, nata de coco, dan sagu mutiara
5. Tambahkan whipping cream, susu evaporasi, susu kental manis, dan pasta pandan , aduk perlahan hingga rata. Simpan dalam kulkas hingga dingin. Sajikan segera

Tips: Gunakan susu cair, susu evaporasi, atau campuran dari 5 sdm krimer bubuk dan 500 ml air sebagai pengganti whipping cream.



(TIN)

MOST SEARCH