KULINER

Es Rujak Blewah Kurma, Rasanya Unik dan Asyik

Mia Vale
Rabu 20 April 2022 / 09:05
Jakarta: Buah blewah biasanya diolah menjadi minuman dan sirup. Cukup populer sebagai minuman untuk berbuka puasa. Namun apa jadinya jika dibuat menjadi rujak dan disandingkan dengan kurma?

Wah, ENDEUSiast pastinya ini menjadikannya unik dan rasanya tetap enak lho! Selain blewah mengandung banyak air dan bisa menghidrasi kamu selepas puasa, blewah juga bisa menyehatkan kulit. 

Kandungan vitamin C pada buah blewah dapat mendukung produksi kolagen yang berperan penting dalam pembentukan jaringan kulit. Zat ini juga berperan dalam menjaga kulit tetap lentur dan kuat.

Selain itu, buah blewah juga banyak mengandung antioksidan yang penting untuk mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, penasaran sesegar apa rasa minuman es rujak blewah kurma? Langsung aja yuk coba di rumah dan sontek cara buatnya dari Endeus TV di bawah ini.
 

Bahan rujak blewah kurma:


750 ml air
150 gr gula merah
100 gr gula pasir putih
4 sdm air asam jawa pekat
200 gr kurma, potong potong
700 gr blewah, serut kasar memanjang
 

Pelengkap:


Es batu secukupnya
Jeruk nipis, iris tipis untuk garnish
 

Cara membuat rujak blewah kurma:


1. Rebus air, gula merah, dan gula pasir hingga gula larut. tambahkan air asam jawa, aduk hingga mendidih. Angkat, saring. Biarkan dingin, sisihkan
2. Dalam wadah besar, masukkan potongan kurma dan blewah, aduk rata. Tuang air rebusan gula merah ke dalam campuran buah. Simpan dalam kulkas hingga dingin
3. Tuang es batu ke dalam gelas saji. Beri es rujak dan jeruk nipis sebagai pelengkap. Santap segera

Tips: Jika menginginkan sentuhan rasa pedas pada es rujak, tambahkan irisan cabai rawit saat merendam buah dengan air gula.




(TIN)

MOST SEARCH