KULINER

Pesona Kuliner Istanbul Hingga Masuk Daftar Michelin Guide

Elang Riki Yanuar
Rabu 27 April 2022 / 06:00
Jakarta: Kota Istanbul di Turki belakangan ini menjadi salah satu destinasi favorit warga dunia, khususnya sisi kulinernya. Hal itulah yang membuat Michelin Guide melirik Istanbul sebagai salah satu tujuan internasional ke-38 mereka.  

Michelin Guide merupakan organisasi yang memberikan peringkat paling bergengsi untuk restoran di seluruh dunia. Mereka akan mengumumkan pemilihan Gastrocity Istanbul pada 11 Oktober 2022.

Sebagai pariwisata gastronomi terkemuka di dunia, Istanbul dianggap menawarkan budaya makanan klasik dari warisan budaya unik. Gastrocity yang kaya ini telah diperhitungkan dalam pilihan khusus oleh Michelin Guide.

"Ketertarikan Michelin Guide di sektor makanan dan minuman Istanbul ini menunjukkan bahwa Turki menduduki garis depan pariwisata gastronomi. Michelin Guide akan menggerakkan bisnis pariwisata yang memprioritaskan orisinalitas, keragaman, keberlanjutan, dan kreativitas ke panggung global dengan perspektif baru," kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Mehmet Nuri Ersoy dalam keterangan tertulisnya.

Sebagai ibu kota kerajaan yang dikenal sepanjang sejarah, Istanbul telah lama menjadi pusat tradisi gastronomi yang menjangkau seluruh benua, serta tempat kelahiran masakan istana yang terkenal. Michelin Guide menyoroti Istanbul untuk kuliner para turis, menampilkan budaya kuliner yang kreatif, dinamis, dan orisinal dengan mengkombinasikan cita rasa kuliner masa lalu dan masa depan.

Dipilihnya Istanbul oleh Michelin Guide diharapkan bisa menjadi magnet tersendiri untuk wisatawan gastronomi ke Turki. Dengan begitu mereka bisa mengambil tempat khusus di antara pusat-pusat gastronomi terkemuka dunia.

"Istanbul sebagai pilihan Michelin Guide akan menghadirkan kota ini kepada para pecinta kuliner di seluruh dunia. Didorong oleh tradisi kuno dan talenta muda, berpikiran terbuka, dan kreatif yang membentuk identitas rasa autentik, kancah kuliner Istanbul membuat tim kami kagum," kata Direktur Internasional Michelin Guides Gwendal Poullennec.

Michelin Guide secara anonim akan menilai kualitas masakan yang ditawarkan oleh restoran-restoran ini berdasarkan 5 kriteria yaitu, kualitas produk, penguasaan teknik memasak, keserasian rasa, kepribadian koki dalam masakannya dan konsistensi pada menu.

"Pemilihan restoran Istanbul pertama oleh pengawas independen dari Michelin yang melakukan kunjungan rahasia tanpa pemberitahuan ke restoran dan kedai makanan, akan diumumkan pada ucara yang diselenggarakan oleh Michelin pada 11 Oktober 2022," tutupnya.




 
(ELG)

MOST SEARCH