KULINER

Es Mutiara Kurma, Kreasi Minuman untuk Berbuka Puasa

Mia Vale
Kamis 28 April 2022 / 09:05
Jakarta: Pastinya kamu sudah familier dengan sebutan pacar cina atau mutiara sagu. Sebuah makanan kecil sebagai campuran dengan aneka bentuk dari tepung kanji yang beraneka warna. Tapi tahukah kamu sejarah pacar cina atau mutiara sagu ini?

Dilansir dari berbahai sumber, nama makanan pacar cina erat kaitannya dengan pendatang Tionghoa di Indonesia. Saat mereka bermukim di tanah Betawi khususnya di Glodok banyak masyarakat yang mengenal makanan ini.

Dan masyarakat Betawi serta Arab banyak yang mencari bahan makanan juga di sini. Begitu pacar cina kemudian terus terkenal hingga sekarang.

Kalau ENDEUSiast sedang ingin buat campuran es mutiara dengan kurma bisa banget lho! Tinggal lihat resep minuman es mutiara kurma di bawah ini yang diambil dari Endeus TV berikut ini. Selamat mencoba ya!
 

Bahan es mutiara kurma:


500 ml susu cair dingin
50 gr kurma, cincang kasar
Es secukupnya
 

Susu kurma:


500 ml susu cair
200 gr kurma, buang biji
2 lembar daun pandan
 

Mutiara:


500 ml air
50 gr sagu mutiara
50 gr gula pasir
 

Cara membuat es mutiara kurma:


1. Mutiara: Didihkan air dalam panci, masukkan sagu mutiara, rebus selama 5 menit hingga setengah matang. Matikan api, tutup panci. Diamkan selama 30 menit
2. Tambahkan gula pasir, masak kembali sagu mutiara hingga bening dan matang. Angkat, tiriskan
3. Susu kurma: Masukkan susu, kurma dan daun pandan ke dalam panci. Rebus kurma hingga empuk. Angkat, sisihkan daun pandan. Haluskan dalam blender
4. Masukkan ke dalam gelas saji, mutiara, susu kurma, dan susu cair. Beri kurma cincang. Sajikan

Tips: Tambahkan sedikit mentega dalam minyak untuk menggoreng roti, agar rasanya lebih gurih.



(TIN)

MOST SEARCH