KULINER

Smart Coffee Machine, Penyajian Kopi dengan Teknologi AI

A. Firdaus
Jumat 27 November 2020 / 08:05
Jakarta: Belakangan, minum kopi telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota besar. Sehingga, muncul kedai-kedai kopi kekinian dengan bumbu desain yang instagramable, plus varian kopi yang beragam.

Sayangnya, dengan bertambahnya penikmat kopi, timbul antrean panjang di berbagai kedai kopi. Sehingga memperlambat para penikmat kopi dengan aktivitas yang tinggi.

Menyiasati kondisi tersebut, JumpStart meluncurkan Smart Coffee Machine sejak Desember 2017 lalu. Mesin kopi pintar ini menyajikan sekita lebih dari 20 menu kopi segar dan minuman non-kopi, seperti cokelat dan teh matcha.

Keunggulan dari Smart Coffee Machine ini adalah menggunakan 100% biji kopi premium Indonesia. Selain itu, menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence).

Teknologi inilah yang mengatur sistem perencanaan rute otomatis atau automatic route planning, real time error detection (mendeteksi error dalam waktu yang tepat) dan demand forecasting (perkiraan permintaan bahan baku). Selain itu mesin ini juga dapat menggunakan pembayaran tunai maupun cashless.

“Kami meluncurkan Smart Coffee Machine karena kami ingin mempermudah para penikmat kopi untuk mendapatkan kopi segar yang dapat diperoleh secara cepat dan dengan berbagai pilihan pembayaran," ujar Brian Imawan, sebagai CEO dari JumpStart.

"Kopi kami dibuat dari biji kopi asli dan bahan baku premium lainnya di mana konsumen dapat menyesuaikan takaran gulanya. Kami harapkan dengan hadirnya Smart Coffee Machine dapat menjadi solusi untuk para konsumen kami untuk tetap dapat menjalankan berbagai aktivitasnya tanpa harus menghabiskan waktu lama untuk antri di berbagai kedai kopi," terangnya.

Setelah meluncurkan Smart Coffee Machine, JumpStart membuka beberapa outlet kopi yang disebut sebagai JumpStart Coffee Lab, yang berada di 13 lokasi yang tersebar di Jakarta dan Tangerang. Di Coffee Lab ini pelanggan bisa mendapatkan menu yang berbeda dari Smart Coffee Machine, seperti Dalgona coffee yang viral sampai kopi kekinian dalam kemasan botol.

Selain menggunakan Smart Coffee Machine, inovasi lain yang diciptakan JumpStart berupa produk coffee bean dan coffee drip. Produk yang telah menjadi pipeline sejak tahun lalu ini, bertujuan mempermudah para penikmat kopi untuk dapat menikmati kopi sesuai dengan selera mereka tanpa harus keluar rumah.

"Dengan adanya pandemi, peluncuran kedua produk kopi ini menjadi semakin relevan dengan kondisi saat ini, dan kami senang JumpStart bisa memberikan solusi di tengah pandemi yang meresahkan ini,” pungkas Brian.
(FIR)

MOST SEARCH