INTERIOR

Bisa Mempercantik Ruangan, ini 4 Ide Menata Koleksi Buku

Medcom
Kamis 08 September 2022 / 17:15
Jakarta: Untuk membuka jendela dunia, kamu harus memperluas wawasan dengan membaca buku. Mulai dari fiksi hingga buku non-fiksi bisa kamu kuasai di rumah. Namun, dengan banyak buku yang kamu punya, terkadang malah terlihat berantakan sehingga menimbulkan lupa penempatan.

Penting untuk kamu membuat penyimpanan buku yang tepat agar tidak mengacaukan rumah atau merusak buku yang kamu punya. Dikutip dari metode KonMari, Marie Kondo, buku adalah barang yang banyak dari kita yang memiliki dan menyimpannya dalam jumlah besar; buku bisa tetap ada, asalkan tertata dengan baik.

Jika kamu membutuhkan ide untuk merapikan bukumu di rumah, kamu bisa mengikuti inspirasi penataan berikut:
 

1. Rapikan seusai warna


Kalau banyak buku dengan cover warna-warni, cara ini bisa kamu praktekkan. Kelompokan bukumu sesuai dengan warnanya, lalu gradasikan setelah 1 warna habis.
 

2. Memanfaatkan space kosong


Kamu tidak perlu membeli rak atau lemari buku baru. Cukup memanfaatkan tempat kosong yang ada di ruanganmu, lalu tambahkan ambalan yang kamu buat sendiri untuk menaruh buku.
 

3. Buat tumpukan kecil


Jika kamu hanya mengoleksi sedikit buku, cara ini bisa kamu lakukan. Buat tumpukan buku mulai dari yang terbesar hingga terkecil di tengah ambalan. Kamu bisa juga menaruhnya di atas meja untuk membuat ruangan lebih estetik tanpa merusak buku.
 

4. Pajang buku di sebelah dekorasi


Menyimpan buku di samping dekorasi rumah dapat menyeimbangkan satu set built-in yang indah sekaligus juga menghemat ruangmu. Berikan foto keluarga favoritmu atau vas yang kamuy terima untuk pernikahanmu di rak daripada dilupakan di lemari.

Aulia Putriningtias
(FIR)

MOST SEARCH