FITNESS & HEALTH

7 Manfaat Selada untuk Kesehatan, Salah Satunya Baik untuk Jantung

Yuni Yuli Yanti
Selasa 01 Maret 2022 / 11:00
Jakarta: Teman Gaya pencinta kuliner burger, sandwich, dan kebab tentu sudah tidak asing dengan daun selada ya. Ada berbagai jenis selada dan juga tersedia dalam berbagai warna. Mulai dari hijau muda, hijau hingga merah tua dan ungu. Perlu diketahui, semakin gelap warna selada, ternyata semakin besar kandungan nutrisinya.

Mengutip dari HealthShots, berikut ini sejumlah manfaat daun selada untuk kesehatan yang jarang sekali diketahui!

 

1. Antioksidan

Tanaman salad yang populer ini merupakan sumber antioksidan yang hebat. Mereka melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mereka juga memiliki sifat anti-kanker dan anti-inflamasi dengan memiliki antioksidan seperti lutein, zeaxanthin dan quercetin.

 

2. Serat

Selada memiliki jumlah serat yang baik dalam mencegah sembelit. Tumbuhan ini juga sangat rendah dalam hal kalori, sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yang berencana menurunkan berat badan.

 

3. Kalsium

Selada memiliki sejumlah kalsium yang dapat menunjang kesehatan tulang, membantu otot berkontraksi dan juga membantu mekanisme pembekuan darah.


(Rasanya yang garing dan segar menjadikan selada cocok disantap sebagai pelengkap makanan seperti sandwich misalnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Kalium

Salah satu manfaat kesehatan dari daun selada yang kaya akan kandungan potasium ini umumnya dapat membantu kesehatan jantung.
 

5. Vitamin dan mineral lainnya

Ini padat nutrisi dengan menawarkan banyak vitamin serta mineral. Vitamin A yang tersedia dalam bentuk beta karoten dalam daun selada, membantu penglihatan mata. Sementara, vitamin C membantu melawan flu, pilek dan batuk.

 

6. Kandungan air

Selada memiliki kandungan air yang baik, sehingga membantumu mengatasi rasa haus. Juga tidak mengandung lemak atau kolesterol apa pun.

 

7. Besi

Makanan ini adalah sumber folat yang baik yang membantu masa kehamilan dengan mencegah cacat tabung saraf dan juga menjaga kadar homosistein dalam tubuh.

(yyy)

MOST SEARCH