End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Kacang dan Apel, Kombinasi Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari
Jumat 04 Maret 2022 / 11:08
Jakarta: Meskipun kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, bukan berarti kamu tidak boleh melakukan kebiasaan mengemil. Jika ingin berusaha menurunkan berat badan, kamu tetap bisa mengemil kok, selama cermat dalam memilih camilan tersebut.

"Saya selalu menyarankan klien saya untuk memilih camilan ringan yang mengandung protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Dan, kombinasi terbaik untuk camilan ketika ingin menurunkan berat badan sesederhana kacang dan apel," kata Kim Yawitz, RD, seorang ahli gizi.

Menurut Yawtz, kacang mungkin tampak seperti pilihan yang mengejutkan. Mengingat kandungan lemaknya yang relatif tinggi.

“Tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak kacang cenderung memiliki berat badan lebih sedikit dan memiliki lebih sedikit lemak perut daripada orang yang tidak makan kacang,” ujarnya.

Salah satu jenis kacang yang bisa kamu pilih di antaranya adalah kacang pistachio. Yawtz menyarankan untuk memilih kacang pistachio yang masih utuh dengan kulitnya, karena kamu bisa menghitung seberapa banyak kacang yang sudah kamu makan.

“Dalam sebuah penelitian, seseorang yang makan kacang pistachio utuh di mana kulitnya masih menempel mengonsumsi 41 persen lebih sedikit kalori. Dibandingkan dengan mereka yang makan kacang pistachio tetapi kulitnya sudah dihilangkan,” kata Yawtz.

Namun jika kamu tidak menemukan kacang pistachio utuh yang masih ada kulitnya, maka bisa mengonsumsi kacang pistachio yang sudah dikupas. Setiap kemasannya, biasanya mengandung 100 kalori. Untuk itu, perhatikan ketika mengonsumsinya agar tidak berlebihan.

Sebagai pendamping kacang, apel bisa menjadi pilihan yang terbaik. Apel adalah sumber serat makanan yang baik. Apel dapat membantu perut terasa kenyang sampai waktu makan berikutnya.

"Satu penelitian besar menunjukkan bahwa makan apel sehari dapat mendukung penurunan berat badan sederhana, dan penelitian lain menunjukkan bahwa makan hingga tiga apel per hari bisa membantu," tutup Yawtz.
(FIR)

MOST SEARCH