FITNESS & HEALTH

Tren Minum Jus Lidah Buaya di TikTok, Dokter pun Memperingatkan

Mia Vale
Minggu 01 Mei 2022 / 13:00
Jakarta: Salah satu tren terkait kesehatan baru-baru ini yang semakin populer adalah orang-orang yang meminum jus lidah buaya karena dugaan manfaatnya. Untuk konteks, tag #AloeVeraJuice di TikTok memiliki lebih dari 16 juta tampilan. Tren ini pun menjadi kontroversial.
 
Awalnya kita tahu lidah buaya selalu dikenal sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk mengatasi sengatan matahari untuk membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit. 


bahaya minum jus lidah buaya
(Dokter spesialis pencernaan mengingatkan tentang sistem kesehatan pencernaan setelah minum jus lidah buaya yang sedang trending di TikTok ini. Foto: Dok. TikTok/Buzzfeed.com)

Namun sekarang, TikTokers membawa hal-hal ke tingkat berikutnya dengan minum jus lidah buaya – mengklaim bahwa itu dapat membantu menghilangkan jerawat, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Melansir dari laman BuzzFeed, hal yang perlu dicatat sebelum mengikuti tren jus lidah buaya ini adalah bahwa tubuh setiap orang berbeda.

Efek positif yang mungkin diperhatikan orang-orang di TikTok setelah minum jus lidah buaya bisa dari kombinasi beberapa hal. Misal, berapa banyak tidur yang mereka dapatkan, diet, atau faktor lainnya. 

Namun, apa yang diklaim dalam ribuan video TikTok tersebut bertentangan dengan apa yang diklaim oleh para ahli. Mereka mengatakan bahwa tidak ada manfaat kesehatan untuk minum jus lidah buaya. 

Justru dalam beberapa kasus, meminumnya bisa menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. "Minum jus lidah buaya tidak sehat untuk sistem pencernaan seseorang," imbuh Ahli gastroenterologi, Dr Supriya Rao, MD. 

(TIN)

MOST SEARCH